Sukses

Beauty

Bangun Pagi Sering Pusing? Mungkin Ini Penyebabnya

Waktu pagi hari seharusnya jadi waktu yang menyegarkan. Pikiran masih jernih dan bersemangat untuk beraktivitas sepanjang hari. Tapi terkadang bukannya badan terasa segar saat bangun di pagi hari, tapi malah merasa pusing.

Baru bangun pagi kok malah merasa pusing? Aduh, pengalaman seperti ini jelas tidak enak sama sekali. Mau mulai beraktivitas pun rasanya sama sekali tak bersemangat. Tak ada tenaga dan badan rasanya sudah capek semua.

Penyebab pusing saat bangun di pagi hari itu sebenarnya bermacam-macam. Tapi pada umumnya penyebabnya adalah sebagai berikut.

Sakit Kepala Tegang (Tension Headache)
Sakit kepala tegang (tension headache) ini merupakan jenis sakit kepala yang paling umum dialami orang dewasa. Bisa muncul secara periodik atau bahkan hampir setiap hari. Seperti yang dilansir oleh doctorshealthpress.com, penyebabnya bisa berasal dari stres, depresi, dan rasa gelisah/cemas. Tak heran jika tension headache ini juga disebut stress headache. Rasa sakitnya bisa terasa amat parah di pagi hari saat baru bangun tidur.

Rasa sakit kepala ini biasanya juga disertai dengan kulit kepala, otot leher, atau otot bahu yang terasa nyeri atau tegang. Sakit kepala tegang sering disalahartikan sebagai migrain. Hanya saja untuk membedakannya, sakit kepala tegang ini biasanya tak disertai dengan rasa mual atau rasa sensitif berlebih pada cahaya dan suara.


Insomnia
Kurang tidur bisa menyebabkan gangguan pada tekanan darah, produksi hormon, rasa cemas, stres, dan elemen lain dalam tubuh. Dan semua itu bisa menyebabkan sakit kepala. Kurang tidur atau mengalami insomnia bisa menyebabkan sakit kepala saat bangun di pagi hari. Sakit kepalanya umumnya ditandai dengan kepala yang terasa berat dan cenut-cenut.

Salah Posisi Tidur
Posisi tidur yang tidak pas selain bisa bikin otot nyeri juga bisa menyebabkan sakit kepala. Karena leher dan bahu mendapat tekanan selama berjam-jam saat tidur, maka saat bangun di pagi hari, kepala jadi terasa pusing. Aliran darah tak mengalir dengan baik saat kita tidur dengan posisi yang tak pas.

Gula Darah Rendah
Tidur selama enam hingga delapan jam bisa membuat gula darah menurun. Bagi penderita diabetes, kondisi ini bisa menyebabkan sakit kepala hipoglisemik (hypoglycemic headache) di malam hari atau saat bangun di pagi hari. Penderita migrain juga menyebutkan rasa lapar dan rendahnya gula darah sebagai penyebab pusing saat bangun tidur.

Gigi Gemeretak Saat Tidur
Punya kebiasaan menggemeretakkan gigi saat tidur? Saat kamu menggemeretakkan gigi saat tidur, getarannya bisa mencapai tengkorak kepala dan mempengaruhi kondisi otot bahu, leher, dan kepala. Akibatnya bisa membuat kita pusing saat bangun di pagi hari.

Penyebab sakit kepala saat bangun di pagi hari memang sangat beragam. Meski begitu, kamu pun bisa melakukan sejumlah tindakan pencegahannya. Beberapa di antaranya adalah minum air putih sebelum tidur (bisa satu jam sebelum tidur), melakukan olahraga ringan yang rutin, dan memperbaiki postur tubuh saat tidur.

Segera hubungi dokter bila sakit kepala yang kamu rasa tak kunjung hilang selama berhari-hari atau disertai dengan gangguan kesehatan lain seperti mual dan muntah-muntah. Semakin cepat ditangani dan diketahui penyebab pastinya, semakin besar peluang tubuhmu bisa kembali sehat dan bugar seperti sedia kala.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading