• HOME
  • INSPIRING
  • BODY & MIND
  • RELATIONSHIP
  • KULINER
  • FASHION
  • PLUS
  • ZODIAK
  • RAGAM
/body-and-mind/cantik/92892-10-masker-rambut-yang-buat-kepala-bebas-ketombe.html

10 Masker Rambut yang Buat Kepala Bebas Ketombe

Selasa, 29 Maret 2016 01:00

(c) shutterstock

Vemale.com - Salah satu jenis perawatan rambut yang sayang untuk dilewatkan adalah mengaplikasikan masker rambut. Cara tersebut berfungsi untuk menutrisi kulit kepala dan rambut secara optimal. Apalagi jika menggunakan bahan-bahan alami yang mempunyai banyak nutrisi sehingga dapat membantu mengatasi masalah ketombe yang muncul di rambut. Agar lebih praktis dan bisa dilakukan sendiri, buat saja deretan masker rambut yang ampuh mengatasi ketombe berikut.

1. Masker Daun Neem dan Zaitun

Pertama, campurkan bubuk daun neem dengan minyak zaitun hingga bertekstur seperti pasta. Pulaskan pada kulit kepala secara merata dan diamkan selama satu jam. Selanjutnya, bilas menggunakan shampo khusus ketombe hingga bersih. Jangan lupa untuk membubuhkan kondisioner agar rambut tetap terjaga kelembapannya.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut

2. Masker Madu dan Avokad

Avokad merupakan salah satu buah yang mengandung omega-3 dan baik untuk kesehatan sel kulit. Pertama, keruklah daging satu buah avokad yang telah matang. Haluskan hingga teksturnya menyerupai bubur. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa tetes madu dan aduk hingga merata. Bubuhkan pada kulit kepala hingga merata dan berikan pijatan lembut. Bungkus kepala menggunakan handuk yang sudah diuapi selama kurang lebih 30 menit. Cara tersebut ampuh menghilangkan ketombe membandel. Akhiri dengan membilasnya hingga bersih.

3. Masker Lemon dan Minyak Kelapa

Ramuan lemon dan minyak kelapa biasa digunakan untuk menghilangkan penyebab ketombe membandel. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Campurkan air perasan lemon, parutan kulit lemon dan minyak kelapa hingga merata dan bertekstur kental. Pijatkan pada kulit kepala dan diamkan selama setengah jam sebelum membilasnya dengan air dingin.

4. Masker Lemon dan Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab ketombe. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengombinasikan baking soda dengan air perasan lemon. Aduk hingga merata dan berbentuk pasta. Aplikasikan campuran tersebut pada kulit kepala. Jangan lupa untuk membungkus kepala menggunakan rambut yang sudah diuapi. Diamkan selama 30 menit agar kandungan bahan tersebut meresap. Bilas menggunakna air dingin.

5. Masker Madu dan Minyak Kelapa

Kandungan anti-bakteri pada minyak kelapa dan madu dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Untuk membuat masker alami, cukup campurkan kedua bahan tersebut hingga merata. Aplikasikan pada kulit kepala dan berikan pijatan lembut selama 10 menit untuk melancarkan peredaran darah dan membuka pori-pori. Diamkan selama 30 hingga 45 menit dan bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Baca juga: Rambut Makin Berkilau Dengan Masker Madu dan Minyak Kelapa

6. Masker Lemon dan Yoghurt

Salah satu penyebab rambut berketombe adalah kulit kepala yang kering. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan masker yang mengandung bahan pelembap seperti yoghurt. Kali ini campurkan air perasan lemon dengan yoghurt hingga teksturnya kental. Aplikasikan pada kulit kepala yang telah dibasahi menggunakan air hangat. Pijat lembut selama 15 menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

7. Masker Jahe dan Mentimun

Masukkan dua ruas jahe dan satu buah mentimun ke dalam blender. Haluskan hingga teksturnya menjadi lebih kental. Campuran ini akan mengatasi ketombe membandel yang kerap menimbulkan rasa gatal. Fungsi mentimun sendiri akan menyegarkan kulit kepala sedangkan jahe yang kaya akan anti-bakteri dan anti-peradangan menjadikan scalp lebih bersih dan bebas gatal. Aplikasikan secara rutin sebelum berkeramas. Bisa juga menggunakannya setiap malam hari sebelum tidur.

8. Masker Lidah Buaya dan Bawang Putih

Lidah buaya yang menyegarkan kulit kepala dapat digunakan sebagai obat alami ketombe jika dicampurkan dengan bawang putih. Namun, gunakan daging buah dari lidah buaya saja agar rambut lebih ternutris dan lebat. Bawang putih sendiri dikenal dengan zat anti-bakteri yang ampuh membasmi kuman penyebab ketmbe. Cukup pulaskan masker tersebut setiap dua hari sekali.

Baca juga: Bawang Putih, Bumbu Dapur Penyubur Rambut

9. Masker Lada Hitam dan Yoghurt

Salah satu cara mengatasi ketombe adalah dengan memanfaatkan bumbu dapur yang ada. Misalnya saja seperti bubuk lada hitam yang akan membunuh jamur penyebab ketombe. Cara membuat masker berbahan lada hitam ini hanya dengan mencampurkannya dengan yoghurt. Selain rambut jadi bebas ketombe, kulit kepala juga akan ternutrisi berkat protein dari yoghurt.

10. Masker Minyak Almond dan Tea Tree Oil

Kacang almond juga biasa diolah menjadi minyak yang mengandung moisturizer dalam jumlah banyak. Cobalah dikombinasikan dengan tea tree oil yang memiliki zat anti-bakteri dalam mengatasi ketombe. Tentu saja agar bahan tersebut lebih meresap, setelah memulaskan campuran minyak tersebut, bungkus kepala menggunakan handuk yang sudah diuapi terlebih dahulu.

Selain menggunakan shampo khusus ketombe, tidak ada salahnya untuk mengimbanginya dengan mengaplikasikan masker berbahan alami. Apalagi dengan komposisinya yang mengandung beragam bahan aktif untuk menghilangkan ketombe akan membuat rambut bebas ketombe. Namun, agar hasilnya lebih optimal, jangan malas untuk menerapkannya secara rutin.

(vem/kki)


REKOMENDASI PILIHAN
Bungkus Kue Cantik dari Bahan Sederhana

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----

DON'T MISS IT
YOU NEED TO KNOW
KOMENTAR ANDA

MOST VIEWED ARTICLES
LOAD MORE


ZODIAK HARI INI

Taurus

Belajar untuk bersabar.