Sukses

Beauty

Tak Hanya Untuk Pencernaan, Pepaya Juga Bisa Samarkan Noda Hitam

Sengatan sinar matahari serta penggunaan kosmetik dalam jangka panjang seringkali menimbulkan efek samping yang merugikan bagi wajah, salah satunya masalah hiperpigmentasi pada wajah.

Hiperpigmentasi pada wajah ini biasa disebut juga dengan flek hitam. Timbulnya flek hitam pada wajah menjadi momok tersendiri bagi para wanita; karena selain mengurangi nilai pada kecantikan wajah, pada orang-orang tertentu, flek hitam juga bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang. (Euh!)

Jadi, ketika flek hitam muncul di wajah, wanita seringkali melakukan berbagai upaya, agar flek hitam tak terlihat. Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk mengusir flek hitam ini adalah dengan menggunakan manfaat pepaya.

Seperti disebutkan dalam laman www.perfectskincareforyou.com, buah tropis ini kaya akan enzim papain yang dapat membantu memudarkan flek hitam pada wajah. Enzim papain yang terkandung dalam pepaya ini dipercaya dapat membantu mempercepat proses pergantian kulit, sehingga flek-flek hitam yang terdapat pada wajah terdorong tergantikan dengan kulit baru.

Kamu bisa menggunakan pepaya untuk mengusir flek hitam pada wajah dengan dua cara. Cara yang pertama, yaitu dengan memanfaatkan puree buah pepaya matang untuk dijadikan masker wajah. Caranya, terapkan puree pepaya matang pada area kulit wajah yang terkena flek hitam, lalu diamkan selama sekitar dua puluh menit kemudian bilas wajah kamu hingga bersih.

Cara kedua, kamu bisa menggunakan pepaya mentah. Pertama, parut pepaya mentah (pepaya yang masih hijau) dan tambahkan perasan air jeruk nipis ke dalamnya. Oleskan campuran air pepaya dan jeruk nipis ini pada area wajah terkena flek. Diamkan selama sekitar lima belas menit, kemudian  bilas wajah kamu hingga bersih.

Terlepas dari kandungan enzim papain yang melimpah, buah tropis yang tumbuh sepanjang tahun ini juga kaya akan  nutrisi dan zat antioksidan seperti karoten, vitamin C dan flavanoid, vitamin B, folat dan asam pantotenat, mineral, kalium, dan magnesium. Maka dari itu, banyak produk kecantikan yang menggunakan pepaya sebagai komponen dasar mereka.

So, selamat mencoba cara alami ini ya, Ladies. Sebab, selain mudah dan murah pastinya, menggunakan masker alami dari pepaya  untuk mengusir flek hitam pada wajah ini juga aman dan tanpa efek samping. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading