Sukses

Beauty

Rambut Bebas Ketombe Dengan Daun Pandan

Setiap orang pasti punya masalah rambut yang berbeda-beda, salah satu masalah rambut yang seringkali jadi keluhan banyak wanita karena mengganggu penampilan adalah ketombe. Kotoran rambut yang seperti sisik putih-putih ini memang mengganggu kecantikan rambut.

Tapi ada bahan alami yang bisa membersihkan rambut kamu dari ketombe sekaligus membuat rambut kamu wangi, yaitu pandan. Sebagai tanaman yang paling banyak dimanfaatkan daunnya, pandan merupakan tanaman yang paling sering dimanfaatkan untuk bahan makanan seperti misalnya kue dan es.

Namun jangan salah, daun pandan tidak hanya bisa dimanfaatkan sarinya untuk menjadi penyedap kue, namun juga bisa digunakan sebagai obat anti ketombe. Daun pandan mengandung bahan-bahan kimia seperti alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna yang dapat membantu membersihkan kulit kepala yang kotor dan menyegarkan kulit kepala.

Untuk menyiapkan ramuannya pun tidak sulit kok Ladies. Kamu cukup menyiapkan daun pandan sebanyak kurang lebih 4 lembar yang sudah dibersihkan dan ditumbuk halus. Jik rambut kamu tebal dan panjang, bisa tambahkan jumlah daunnya, sesuaikan.

Jika tidak punya alat tumbuk, bisa juga  dipotong-potong kecil lalu diblender dengan setengah cangkir air hingga halus. Setelah itu bubur daun pandan bisa langsung dibalurkan merata ke seluruh bagian kulit kepala sambil dipijat-pijat. Biarkan ramuan meresap selama kurang lebih 30 menit dan menutup kepala dengan handuk kering.

Jika sudah selesai, kamu bisa membilasnya hingga bersih dengan air hangat yang diikuti dengan membilas lagi dengan air dingin. Lakukan perawatan ini setiap hari hingga ketombe tak bersisa lagi, Ladies.

Selain bisa membersihkan kulit kepala dari ketombe, daun pandan juga akan mengurangi minyak pada kulit kepala penyebab rambut kotor dan ketombe serta menyegarkan kepala dengan baunya yang harum.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading