Sukses

Beauty

Rambut Rontok Ketika Disisir? Atasi dengan Tips Praktis Ini

Males deh kalau setiap kali menyisir rambut, ada saja rambut yang rontok. Apalagi kalau sehabis keramas, rambut rontok jadi berkali lipat jumlahnya. Sebel banget kan, Ladies kalau rambut selalu rontok setiap kali disisir?

Dilansir dari womenshealthmag.com, menurut American Hair Loss Association, 40 persen wanita bisa mengalami kerontokan rambut. Penyebab rambut rontok ini bisa bermacam-macam. Namun, umumnya penyebab utama rambut rontok adalah pola makan dan kebiasaan merawat rambut. Untuk mengatasi rambut rontok setiap kali disisir, ada cara-cara praktis yang bisa Anda ikuti. Untuk lebih jelasnya, yuk, langsung saja kita ikuti uraiannya di bawah ini.

(vem/nda)

Pijat Kulit Kepala

Philip Kingsley, seorang trichologist (pakar rambut atau orang yang menekuni kesehatan kulit kepala dan rambut) menjelaskan, "Pijatan di kulit kepala bisa menstimulasi kulit kepala dan menghilangkan sel-sel kulit mata, yang dapat meningkatkan kesehatan pertumbuhan rambut." Gunakan permukaan jari-jari tangan Anda untuk memijat kulit kepala setiap kali keramas. Anda bisa memulai pijatan dari belahan rambut hingga ke bagian belakang kepala Anda. Gerakan memijat ini bisa mengalirkan aliran darah dan menstimulasi folikel rambut untuk tumbuh.

Selain itu, setiap kali menyisir rambut, lakukan perlahan. Dari akar rambut hingga ke ujung rambut. Dan sisirlah rambut dari satu bagian ke bagian lainnya.

Hati-Hati dengan Rambut Basah

Robert Dorin, seorang ahli bedah pemulihan rambut di True & Dorin Medical Group, New York City, menjelaskan bahwa rambut kita lebih mudah patah ketika dalam kondisi basah, karena kutikula pelindungnya tak terangkat sempurna. Sebaiknya kita menunggu rambut basah kita benar-benar kering sebelum menguncir atau menyisirnya. Dan juga kurang disarankan untuk membungkus rambut dengan handuk karena bisa membuat rambut mudah patah. Alternatifnya adalah dengan menepuk-nepuk rambut basah (bukan menggosok) dengan handuk.

Batasi juga paparan sinar matahari yang mengenai rambut Anda. Dorin mengungkapkan bahwa jika rambut terlalu sering terkena sinar matahari, maka rambut bisa rusak dan membuatnya terlihat kusam. Ini karena protein keratin dalam rambut bisa rusak ketika terkena sinar UV.

Konsumsi Lebih Banyak Protein

Rambut kita terbuat dari protein. Dan sel-sel yang menyusun setiap helai rambut adalah jenis sel yang proses berkembangnya menduduki posisi paling cepat kedua yang diproduksi oleh tubuh kita. Itulah kenapa kita juga perlu memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Kekurangan gizi bisa membuat rambut kita lebih mudah rontok.

Jadi penting sekali untuk mengonsumsi protein setiap harinya. Sumber protein alami yang bisa kita konsumsi, antara lain daging ayam, ikan, telur, dan yogurt rendah lemak.

Hati-hati juga ketika menggunakan produk perawatan rambut, ya Ladies. Residu berlebih dari produk perawatan rambut yang kita gunakan bisa membuat rambut kering dan mudah patah.

Gunakan Air Dingin

Ladies, setiap kali mandi, perhatikan juga rambut yang rontok. Meskipun normalnya rambut yang rontok per hari itu hanya 50-150 helai, tapi seringkali kita tak menyadari bahwa jumlah rambut yang rontok ketika mandi juga banyak. Dan untuk mencegah makin banyak rambut rontok ketika mandi, sebisa mungkin gunakan air dingin.

Dorin menjelaskan bahwa air panas bisa menghilangkan minyak alami di rambut kita. Selain itu, pori-pori kulit kepala pun jadi harus bekerja keras untuk menjaga produksi minyak tetap stabil, akibatnya akar rambut bisa ikut rusak dan rambut jadi mudah rontok.

Kesehatan rambut memang seringkali berkaitan dengan faktor gaya hidup kita. Kalau kerontokan rambut terus terjadi dan makin parah, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter, ya supaya bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading