Sukses

Beauty

Cara Mengobati Jerawat Dengan Minyak Cengkeh

Ada alasan besar di balik mahalnya komoditas cengkeh, dan kenapa dahulu kala VOC benar-benar ngotot untuk menanam cengkeh di Indonesia. Ternyata tak hanya digunakan sebagai bahan rokok, cengkeh ini juga banyak manfaatnya.

Salah satu manfaat cengkeh di dunia kecantikan adalah khasiat perawatannya. Bila diolah menjadi minyak, minyak cengkeh ini dapat membantu mengatasi problem kulit, mulai dari alergi, komedo hitam, komedo putih hingga jerawat meradang dan gatal.

Jerawat macam apapun, mulai dari yang jerawat batu, jerawat kemerahan karena hormon juga bisa diatasi dengan minyak cengkeh ini. Dengan aroma wangi dan rasa hangatnya, jerawat akan perlahan kering kemudian sembuh tak meninggalkan bekas.

Cengkeh merupakan tanaman tropis yang berfungsi sebagai analgesik, anti peradangan, antibakteri, antiseptik, dan juga pereda rasa nyeri. Biasa digunakan untuk campuran obat-obatan, si cengkeh ini akan mencegah jerawat semakin parah dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Seperti dikutip dari boldsky, cara menggunakan minyak cengkeh ini mudah, cukup diaplikasikan pada bagian yang berjerawat dan didiamkan semalaman.

Yang perlu Anda tahu dari pemakaian cengkeh ini adalah sebagai berikut:

  • Karena formulanya yang sangat kuat, ia dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Untuk itu disarankan penggunaannya diimbangi dengan formula minyak lain. Dan hanya diaplikasikan di bagian yang meradang saja.
  • Karena dapat menyebabkan terbakar, maka ia harus disimpan di tempat yang dingin. Serta tidak boleh diaplikasikan dengan bahan kimia lain, kecuali minyak alami saja atau air.
  • Minyak cengkeh dapat menyebabkan reaksi alergi, sehingga sebelum digunakan pada wajah, lebih baik gunakan di tangan terlebih dahulu.
  • Minyak cengkeh alami hanya boleh digunakan dengan resep dokter.
  • Tidak boleh diaplikasikan bersamaan dengan krim atau obat lain.

Beberapa bahan yang boleh dicampur dengan minyak cengkeh yaitu: minyak lavender, minyak citrus, tea tree oil, minyak zaitun, dan air.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading