Sukses

Beauty

Bahan Berbahaya Ditemukan Lagi Dalam Lipstik

Lipstik yang Anda pakai sehari-hari tampak aman dan mempercantik bibir. Namun, sudah kesekian kalinya lipstik mengandung bahan berbahaya yang dapat mengancam kesehatan kulit dan membawa resiko penyakit lainnya.

Selain ancaman pewarna yang dipakai, ada satu bahan lagi yang baru-baru ini dilaporkan berbahaya bagi tubuh. Dikutip dari Yahoo Shine. ada sekitar 32 jenis lipstik dan lip gloss yang sedang ditest para ilmuwan atas bahan-bahan kandungannya. Lipstik dan lip gloss yang sering dipakai wanita di California ini ternyata mengandung 8 bahan metal tambahan, termasuk alumunium, cobalt, dan nickel.

Bahan-bahan metal tersebut, apabila digunakan dalam jangka waktu lama kabarnya sangat berbahaya bagi kesehatan dan bibir, demikian ungkap profesor Katharine Hammond, seorang peneliti dari University of California.

Namun, dari hasil penelitian FDA, dikatakan bahwa kandungan alumunium dan titanium dianggap aman apabila terkandung di dalam kosmetik. Sementara bahan metal lainnya juga dianggap wajar apabila terkandung di dalam produk kosmetik, yang mungkin terbawa saat dipindahkan, diisikan ke dalam kemasan, dan potensi lainnya.

Bahkan, bahan metal seperti chromium, cadmium dan mangan sendiri biasanya justru secara alami ada dalam kandungan makanan yang diasup sehari-hari. Hanya saja, jumlahnya memang tidak besar.

Pun demikian, adalah menjadi tanggung jawab bersama, untuk selalu mengawasi penggunaan bahan dan kandungan kimia serta metal yang ada di dalam produk kosmetika, terutama lipstik. Jangan sampai bahan tersebut kemudian mengancam kesehatan wanita dan menimbulkan penyakit berbahaya.

Dalam studi lainnya, di Eropa, ditemukan bahwa pilihan warna lipstik membantu meminimalisir problem kecantikan/kesehatan yang disebabkan oleh lipstik. Ada berbagai pilihan warna lipstik seperti merah, pink, cokelat, ungu, orange, di mana sebenarnya warna merah membawa peran besar dan ancaman kesehatan lebih besar dibanding warna-warna lainnya.

Pendapat lain datang dari Nikita Wilson, ahli kosmetik, yang menyarankan agar FDA lebih memperketat penelitian dan peraturan soal kandungan kimia dalam lipstik. Selain itu, produsen sendiri harus kembali mengecek kandungan apa saja yang akhirnya terbawa dalam produk sebelum dijual bebas di pasaran. [initial]

BACA JUGA:

Bahan-Bahan Berbahaya Yang Ada di Dalam Produk Kosmetik

Hati-Hati, Suntik Botox Juga Ada Efek Sampingnya Lho

Cara Memakai Kosmetik Dengan Aman

Hati-Hati Banyak Virus di Tester Makeup

BPOM Umumkan 17 Kosmetik Berbahaya, Cek Milik Anda!

Mata Tidak Bisa Dibuka Setelah Ekstensi Bulu Mata Palsu

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading