Sukses

Beauty

Mengatasi Jerawat Bandel di Dagu

Mari kita tanya pada pembaca Vemale, siapa di antara Anda yang pernah mengalami problem jerawat di dagu? Wah, banyak yang menjawab pernah nih. Bagaimana rasanya? Menjengkelkan bukan?

Iya, problem jerawat di dagu memang sangat menjengkelkan. Apalagi jika dia nongol berukuran besar, kemerahan dan meradang. Ah, mau makan saja tidak enak, mau tidur tidak nyenyak, dan mau eksis hangout tidak percaya diri.

Jerawat memang selalu menjadi #FirstWorldProblem yang bisa menghancurkan mood seketika. Apalagi jika saat sedang meradang ia akan terasa kaku dan nyeri akibat nanah yang berada di dalamnya.

Sebenarnya, jerawat semacam ini disebabkan karena bakteri dan kotoran berkolaborasi menyebabkan peradangan. Adalah propionibacteria yang biasanya mengganggu area kulit dan munculnya tak pernah permisi. PMS, kehamilan, kulit berminyak, adalah sasaran empuk yang memungkinkan jerawat muncul di dagu.

Apabila tak diobati, ia akan semakin bersarang dan tumbuh subur di area tersebut. Meninggalkan rasa nyeri sekaligus gatal yang bertubi-tubi. Nah, berikut adalah cara mengatasinya.

Menguapi wajah

Agar jerawat lekas matang dan kering, baiknya wajah diuapi dengan air hangat yang telah dicampur beberapa essential oil seperti tea tree. Pori-pori akan terbuka dan tea tree akan masuk merawat kulit. Memerangi bakteri penyebab jerawat, membuat jerawat jadi matang kemudian nanahnya dikeluarkan.

Tidak perlu dipencet, biasanya jerawat macam ini mudah pecah. Anda hanya perlu menyiapkan kapas yang telah diberi alkohol atau antibakteri.

Pakai cengkeh

Ada satu bahan yang ternyata ampuh mengatasi peradangan jerawat. Ambil 2-3 butir cengkeh, kemudian rebus di air mendidih. Biarkan selama beberapa saat dan tunggu hingga agak dingin. Gunakan untuk membasuh bagian yang berjerawat. Namun hindari area mata dan jangan sampai masuk ke mata ya.

Pakai sandalwood

Campurkan bubuk sandalwood dengan yogurt, kemudian aplikasikan sebagai masker di wajah. Biarkan hingga setengah kering kemudian dibilas hingga bersih. Jerawat akan lekas kering dan lenyap tanpa meninggalkan noda.

Pakai masker madu

Maskerkan madu pada wajah dan biarkan sekitar 101-5 menit hingga kering. Basuh wajah dan tepuk-tepuk dengan handuk sampai kering. Madu menjadi antibakteri yang membantu mengeringkan jerawat dan mengeluarkan bagian yang bernanah.

Pakai air jeruk nipis

Aplikasikan sedikit air jeruk nipis pada bagian yang berjerawat. Kompreskan sejenak dan biarkan terserap hingga ke dalam.

Cara yang satu ini ampuh membuat jerawat jadi kering. Tetapi bila sudah muncul luka sebaiknya tidak dilanjutkan karena bisa memicu iritasi.

Pakai masker pisang

Ambil sebuah pisang ambon kemudian haluskan. Aplikasikan sebagai masker untuk membuat jerawat kering. Masker ini juga ampuh mengatasi bekas jerawat.

Untuk membantu agar jerawat ogah nempel, pastikan membersihkan wajah dengan teratur. Konsumsi banyak air mineral sehingga membantu kulit tetap terjaga kelembabannya. [initial]

BACA JUGA:

Agar Kulit Tetap Sehat, Cuci Muka Cukup 1 Kali Sehari

5 Kebiasaan Cantik Yang Bisa Menangkal Jerawat

6 Resep Rumahan Agar Wajah Bebas Dari Jerawat

Panduan Memilih Pelembab Kalau Kulitmu Berjerawat

Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Masker Tomat

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading