Sukses

Beauty

Perawatan Tradisional Untuk Rambut Bercabang

Yang terjadi pada rambut saat ujungnya bercabang dan mudah patah adalah karena kekurangan nutrisi dan kelembaban. Kondisi batang rambut diawali dengan kekeringan, perubahan warna menjadi kekuningan, kemudian terbelah menjadi dua serta sangat rapuh.

Kondisi tersebut dipicu oleh terlalu sering terpapar sinar matahari langsung, bleaching, kekurangan amino acid, pemakaian produk penata rambut setiap hari, serta kurang nutrisi.

Mengatasi rambut bercabang sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya dianjurkan untuk menggunakan shampo yang formulanya lembut serta bebas alkohol. Ada baiknya juga berkeramas 2-3 hari sekali saja sehingga kelembaban rambut tetap terjaga.

Selain itu, ada baiknya juga untuk membiarkan rambut kering secara alami. Hindari terlalu sering menggunakan styling product agar kelembaban rambut tidak mudah hilang. Sedangkan untuk rambut yang sudah terlanjur bercabang dan patah-patah, melakukan trimming adalah jalan terbaik sehingga cabang tidak mengganggu penampilan rambut Anda.

Nah, agar rambut bercabang lekas sembuh, selain perlakuan di atas perlu juga dirawat dengan beberapa cara berikut ini:

Massage minyak alami

Mengembalikan kelembaban rambut bisa dilakukan dengan massage minyak alami. Minyak yang boleh digunakan seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond.

Massage dan biarkan selama 30-60 menit sebelum berkeramas dan dibilas hingga bersih. Hasilnya akan segera tampak setelah dilakukan setiap minggu.

Masker telur

Manfaatkan sebutir kuning telur yang dicampur dengan 3 sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan madu. Campur menjadi satu dalam sebuah wadah, kemudian aplikasikan pada seluruh bagian rambut. Tutup dengan shower cap dan biarkan hingga 60-90 menit.

Keramas seperti biasa dengan shampo bayi hingga benar-benar bersih, kemudian rasakan perbedaannya.

Masker pepaya

Pepaya sangat kaya akan protein, dan rambut membutuhkan protein untuk melembabkan serta memaksimalkan pertumbuhan rambut. Untuk itu, Anda bisa menghancurkan 200 gram pepaya, campur dengan 2 sdm yogurt, kemudian aplikasikan ke seluruh bagian rambut.

Tutup dengan shower cap untuk mengunci kelembabannya. Dan diamkan selama 30 menit sebelum keramas seperti biasa.

Kondisioner madu

Apabila kondisioner lain ternyata tidak memberikan hasil yang maksimal, Anda bisa memanfaatkan madu sebagai kondisioner alami. Mungkin akan sedikit memberikan rasa lengket, namun madu sangat bermanfaat memberikan kelembaban dengan kualitas maksimal.

Aplikasikan pada rambut setelah bershampo. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas seperti biasa.

Dengan perawatan rutin yang Anda lakukan, rambut akan kembali pada kondisi seperti semula dan lebih sehat serta tidak bercabang lagi. [initial]

BACA JUGA:

7 Hal Buruk Yang Anda Lakukan Pada Rambut

Kalau Ingin Rambut Hitam Alami, Ini Caranya

Sudah Tahu Belum, Apa Yang Bikin Rambutmu Kering?

Bagus Mana Sih Rambut Smoothing Atau Ion?

Macam-Macam Minyak Yang Atasi Masalah Rambut

3 Masker Alami Untuk Rambut Rusak

5 Tips Menata Rambut Ala Salon Profesional

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading