Sukses

Beauty

Cara Menyamarkan Bekas Keloid

Menurut istilah medis, keloid adalah jaringan kulit tumbuh dari bekas luka dalam proses penyembuhan. Akhirnya, ia akan membentuk seperti gumpalan daging yang seringkali kurang cantik kelihatannya. Umumnya, bekas luka yang dapat menyebabkan keloid adalah jerawat, luka bakar, luka bekas cacar air, tindik, tergores, teriris atau juga luka operasi.

Ada beberapa cream yang memang kabarnya dapat menyamarkan dan mengurangi keloid. Tetapi ternyata cream tersebut juga tak dapat memberikan jaminan keloid sembuh total. Cara satu-satunya adalah dengan menyamarkannya.

Pakai makeup

Apabila memang keloid tersebut sangat mengganggu dan lokasinya di area yang sangat terlihat, Anda bisa menyamarkannya dengan makeup. Beberapa produk makeup memang dibuat untuk menyamarkan noda atau luka, contohnya seperti Judith August Killer Cover atau Camouflage.

Pakai tea tree oil

Tea tree oil adalah salah satu pilihan untuk membantu menghilangkan bekas luka dengan cara yang sangat aman. Hanya perlu diaplikasikan saja dua kali sehari saat kulit sudah dalam keadaan bersih, maka dalam beberapa waktu perlahan tekstur kulit akan membaik.

Selain itu, tea tree oil juga baik dan aman digunakan kulit sensitif.

Pakai aspirin

Di Indonesia aspirin memang bukan obat yang populer. Namun, di dunia barat obat yang satu ini paling sering hadir di rumah. Seperti dikutip dari allwomenstalk, aspirin sangat ampuh untuk membuat keloid menyusut. Caranya hanya dengan menghancurkan tiga tablet aspirin, kemudian mengaplikasikannya pada keloid dan membiarkan kering sekitar 15-20 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Pakai cuka apel

Cuka apel juga merupakan obat alternatif yang baik untuk menghilangkan noda dan bekas luka. Hanya perlu diaplikasikan di area kemudian dimassage lembut dan dibiarkan kering. Pengaplikasiannya boleh lebih dari satu kali sehari, sampai dirasa didapatkan hasil yang memuaskan.

Pakai lidah buaya

Banyak cream dan lotion anti keloid mengandung lidah buaya. Tanaman hias yang satu ini memang dapat mengurangi peradangan, melembabkan kulit serta mencegah infeksi pada luka.

Tidak sulit juga kan menyamarkan bekas keloid yang mengganggu ini. Cobain yuk. [initial]

BACA JUGA:

Jangan Atasi Luka Bakar Dengan Pasta Gigi, Bahaya!

5 Bahan Penyembuh Jerawat

Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Masker Tomat

6 Cara Ampuh Agar Tetap Awet Muda

Tutorial Make Up Untuk Menutupi Jerawat

Udaranya Dingin Tapi Kok Malah Jerawatan?

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading