Sukses

Beauty

Menghilangkan Kebiasaan Buruk Yang Datang Saat Stres

Stres memang menjadi penghalang yang paling menyebalkan untuk setiap orang. Terlebih jika stres malah membuat kita melakukan hal-hal yang kemudian akan menjadi kebiasaan buruk. Biasanya, stres muncul ketika kita khawatir. Nah, saat itu lah kebiasaan buruk seperti menggaruk kepala padahal tidak gatal, menggigit kuku bahkan memainkan kaki. Tidakkah Anda merasa ini harus dirubah?

Beberapa hal yang sudah Vemale sebutkan tadi memang beberapa kebiasaan buruk yang kita lakukan tanpa kita sadari, mungkin. Ini mungkin akan sangat menyebalkan untuk orang-orang yang ada di sekitar kita. Siapa yang tahu kalau sekeliling kita memang terganggu atau bahkan terluka. Well, ini mungkin jika Anda menggoyang-goyangkan kaki dan mengenai kaki orang lain sih, Ladies. Anda mungkin tahu bahwa sebenarnya penyebab dari semua ini hanya lah satu hal yaitu stres.

Menurut Heidi Grant Halvorson, Ph.D stres dan kecemasan memang memicu otak kita sehingga kita tidak bisa mengontrol dan memperhatikan penuh atas apa yang kita lakukan. Jadi, wajar jika ketika sedang cemas kemudian Anda menggigit kuku jari Anda. Karena kebiasaan adalah memang kebiasaan, kita jadi merasa terbiasa dengan hal tersebut.

Stres memang mengganggu kemampuan Anda dalam fokus melakukan hal yang sebenarnya benar-benar Anda ingin lakukan.  James Claiborn, Ph.D, psikolog dan penulis buku 'The Habit Change Workbook' juga menambahkan bahwa Anda harus mempertimbangkan beberapa hal ketika berkaitan dengan kebiasaan, mulai darikeuntungan dan tidak untung melakukan hal tersebut, motivasi mengapa Anda inginmerubah kebiasaan tersebut hingga mengapa Anda harus mempertahankan kebiasaan tersebut.

Karena ini sangat mengganggu, dilansir oleh Huffington Post, ada beberapa trik untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang biasa muncul karena stres :

1.  Gigit Kuku dan kebiasaan tangan lainnya

Ini biasanya Anda lakukan ketika Anda sedang cemas. Claiborn mengatakan bahwa orang melakukan hal ini adalah sebagai pengalihan agar tangan mereka tetap 'sibuk' melakukan sesuatu. Jika Anda sudah mulai menyadari bahwa ini adalah kebiasaan buruk, Anda bisa mencegahnya dengan memakai sarung tangan atau memakai gelang dengan bahan elastis. Anda juga bisa menghias kuku Anda agar ketika Anda akan menggigitnya, Anda akan tersadar dan batal melakukannya.

2. Memaki

Ini memang kebiasaan paling buruk dan semoga Anda tidak melakukannya ya Ladies. Beberapa ahli memang mengatakan ini bisa membuat Anda merasa lebih baik karena dengan ini Anda mengeluarkan segala emosi yang membuat Anda lega. Namun berpikir tentang dampaknya, Anda pasti akan menyesal. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencari kata lain yang tidak menyakitkan untuk didengar dan ucapkan ketika Anda ingin memaki.

3. Rahang menggigil

Tidak hanya ketika kedinginan, namun Anda juga secara tidak sadar melakukan ini ketika Anda merasa stres. Solusinya adalah dengan mengunyah permen karet. Ini akan membuat rahang Anda tetap bekerja dan aktif. Terlebih, mengunyah permen karet juga baik untuk syaraf yang dipercaya bisa melancarkan peredaran hingga Anda bisa berpikir secara logis.

4. Memainkan rambut

Anda mungkin sering melihat wanita lain memainkan rambutnya bahkan mengunyah rambutnya. Ini memang kebiasaan buruk yang terkamuflasekan karena Anda toh tidak akan melihat ini sebagai kebiasaan buruk yang merugikan. Namun, jika Andalah yang sering melakukannya, hentikan mulai sekarang. Anda bisa mengikat atau memberi poni pada rambut Anda, dikatakan oleh Halvorson.

5. Memainkan kaki ketika duduk

Jangan dipungkiri, kita sering memainkan kaki ketika duduk dan stres, apalagi ketika sedang berpikir. Biasanya kita tidak akan notice namun orang lain yang memberitahu kita untuk berhenti 'berdansa' di bawah meja. Claiborn menyarankan Anda untuk duduk dengan posisi yang benar sehingga otot pun akan terjaga. Kuncinya adalah membiasakan untuk duduk dengan benar.

Kebiasaan buruk memang harus dihentikan, terlebih jika kebiasaan tersebut mengganggu kita bahkan orang lain. Selain kebiasaan buruk di atas, apa saja sih kebiasaan buruk kalian? Dan sudah menemukan cara untuk mengatasinya? Share di sini yuk.

(vem/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading