Sukses

Beauty

Perawatan Rambut Tradisional Menggunakan Hot Oil

Massage menggunakan hot oil membuat ujung kepala hingga ujung kaki menjadi rileks. Selain itu, manfaatnya sangat baik bagi rambut, di antaranya memperlancar peredaran darah, mencegah ketombe, merawat rambut rusak akibat cuaca, tidak cocok shampo, atau terlalu sering menggunakan produk pemanas rambut.

Nah, di jaman dulu, merawat rambut dilakukan secara tradisional. Memetik manfaat dari minyak alami tumbuh-tumbuhan, perawatan tersebut diberikan secara maksimal melalui massage.

Agar manfaat minyak alami ini bisa dinikmati dengan efektif, umumnya minyak dipanaskan terlebih dahulu. Ada yang dipanaskan di atas media air panas, ada pula yang menggunakan tungku kecil. Dan pastinya setelah mendapatkan perawatan ini, peredaran darah di kepala lebih lancar, serta dapat membantu meringankan sakit kepala.

Umumnya, minyak yang digunakan untuk perawatan hot oil ini adalah minyak kelapa yang berfungsi menutrisi rambut, minyak jarak yang berfungsi menyuburkan rambut, minyak almond yang berfungsi menyuburkan rambut, atau minyak zaitun yang berfungsi merawat rambut dari kulit kepala hingga ke ujungnya.

Langkah-langkah perawatan rambut dengan hot oil:

Cuci rambut

Untuk perawatan ini, lebih baik dipastikan rambut dalam keadaan bersih dan sudah keramas. Keringkan dengan cara alami, dan massage bisa dimulai apabila rambut sudah setengah kering.

Panaskan minyak

Anda boleh memanaskan minyak dengan tungku yang di bawahnya disematkan lilin, atau di atas air yang mendidih. Sama saja kok, hanya berbeda metode pemanasannya saja.

Aplikasikan hot oil pada seluruh kulit kepala, secara merata.

Mulai memassage

Memassage kulit kepala, jangan menggunakan kuku. Namun yang Anda gunakan adalah ujung-ujung jemari dengan gerakan memutar.

Berikan massage sekitar 5-10 menit agar kepala merasa lebih rileks, dan peredaran darah di seluruh tubuh jadi lebih lancar.

Wrap up!

Setelah dimassage, jangan langsung dibilas. Lebih baik bungkus menggunakan handuk yang telah direndam air panas. Atau apabila tidak ada, Anda bisa menggunakan shower cap. Diamkan setidaknya 30 menit sehingga minyak dapat meresap ke dalam.

Bilas

Apabila Anda merasa tidak nyaman dengan minyak yang ada, maka Anda bia mencucinya dengan shampo. Disarankan menggunakan shampo lembut yang sifatnya daily, jangan menggunakan shampo treatment yang umumnya formulanya lebih keras.

Keringkan dengan cara alami, jangan menggunakan hair dryer sehingga rambut dapat beristirahat sejenak dari perlengkapan yang mengancam kondisinya. [initial]

BACA JUGA:

Sudah Tahu Penyebab Rambut Rontok?

Wah, Ada Bahaya Mengintai Saat Mengecat Rambut

Rambut Hitam Lebat ala Wanita India

Bunga Sepatu Ternyata Bermanfaat Menambah Kemilau Rambut

Cantik Dan Bebas Uban Dengan Ramuan Biji Pepaya

Manfaat Murni Air Teh Basi Untuk Wajah Cerah dan Rambut Bebas Ketombe

8 Tips Perawatan Rambut Berwarna

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading