Sukses

Beauty

Waktu Yang Tepat Membuang Produk Makeup

Bukan hanya makanan saja yang bisa kadaluarsa, bahkan produk makeup yang Anda pakai juga punya masa kadaluarsa.

Beberapa produk bahkan memiliki masa pakai tidak lebih dari 6 bulan. Apabila tetap dipakai, seringkali menimbulkan iritasi atau problem kulit lain, terutama pada kulit yang sensitif.

Kapan sih waktu yang tepat untuk membuang produk makeup yang Anda punya? Intip contekannya di sini.

Cat Kuku

Masa pakai: 1 tahun

Lebih dari satu tahun, maka cat kuku akan mulai menggumpal dan biasanya terpisah antara cat dan minyak. Saat dipulaskan, hasilnya tentu saja tidak akan memuaskan. Terlihat ada garis-garis yang tidak rapi dan membuat kuku jadi tampak tebal. Alhasil, Anda harus menghapus dan memulasnya beberapa kali.

Maskara

Masa pakai: 3 bulan

Apabila dibiarkan lebih dari 3 bulan, maka maskara akan menggumpal. Saat dipulaskan akan ada beberapa butiran seperti bola berisi tinta maskara yang terkadang sering nyangkut di bulu mata.

Menurut para ahli, maskara yang kadaluarsa ini juga dapat menjadi sarang bakteri serta membuat mata terinfeksi. Hindari memakai sikat maskara yang sama lebih dari 6 bulan. Pastikan untuk selalu mengganti setidaknya 3-4 bulan sekali.

Lipstik

Masa pakai: 18 bulan

Lebih baik ganti lipstik Anda dengan yang baru apabila ia sudah kadaluarsa. Umumnya lipstik kadaluarsa akan meninggalkan aroma tak sedap, ada perubahan warna dan biasanya luntur. Warnanya terpisah menjadi beberapa dan berminyak.

Tentunya lipstik yang kadaluarsa juga menjadi media yang tepat bagi pertumbuhan bakteri. Dan, Anda tidak disarankan memakai lipstik yang kadaluarsa. Selain memicu alergi, juga dapat menyebabkan kanker kulit.

Krim Wajah

Masa pakai: 1 tahun

Akan lebih baik apabila Anda punya sendok khusus yang membantu mengambil krim di dalam kemasan. Menggunakan jemari tidak menjamin kesterilan dan kebersihan krim. Ada saja bakteri yang bisa terbawa lewat jemari dan berkembang dengan baik di dalam krim.

Apabila dipakai lebih dari 1 tahun, maka akan terjadi iritasi atau infeksi bakteri.

Bronzer dan blush on

Masa pakai: 18 bulan

Bronzer dan blush on tidak akan memiliki warna seperti saat Anda membelinya setelah 18 bulan. Sudah waktunya Anda membuang dua produk tersebut dan hindari pemakaian karena dapat menyebabkan mata merah atau iritasi pada kulit.

Tabir surya

Masa pakai: 1 tahun

Apabila memang Anda jarang memakainya, lebih baik beli saja kemasan travellingnya. Tabir surya biasanya mencantumkan expiration date. Tetapi, apabila tidak terlampir maka usahakan tidak memakainya lagi apabila usianya lebih dari satu tahun.

Umumnya tabir surya yang kadaluarsa akan mengeluarkan aroma lotion tak sedap dan teksturnya terpisah.

Yuk periksa lemari kosmetik Anda, dan cek mana yang masih bisa dipakai, mana yang harus dibuang. [initial]

BACA JUGA:

5 Bahan Berbahaya Yang Dikandung Produk Kosmetika

Mengenal Jenis Bedak Makeup dan Fungsinya

Pilih Blush On Yang Sesuai Jenis Dan Warna Kulit

5 Tips Memilih dan Merawat Kuas Makeup

5 Cara Mudah Atasi Kulit Kering

Tips Maskara Agar Mata Cantik dan Lentik

5 Makanan Yang Menjadi Penyebab Ketombe

 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading