Sukses

Beauty

5 Alasan Mengapa Rambut Anda Lama Panjangnya

"Rambut si A kok cepat panjang ya, sedangkan rambutku tidak." Pernahkah Anda mengamati rambut teman Anda yang lebih cepat panjang, sedangkan ia lebih sering melakukan trimming rambutnya? Kembali ke rambut Anda, yang jarang ditrimming (hampir tidak pernah) tetapi malah lama sekali panjangnya.

Semua itu ternyata ada alasannya, ladies. Bukan semata-mata karena gen atau kurang nutrisi yang diberikan pada rambut, tetapi ada beberapa kondisi yang menyebabkan rambut jadi lama panjangnya.

Anda mengabaikan rambut rontok

Rambut rontok itu normal, tetapi per hari setidaknya hanya 100 helai saja angka kenormalannya. Lebih dari itu, menunjukkan bahwa Anda memang mengalami problem kerontokan rambut yang perlu diatasi.

Selain mencukupi kebutuhan nutrisi untuk rambut, Anda juga harus rajin melakukan trimming, terutama pada rambut yang kering atau bercabang.

Untuk mengatasi kerontokan rambut sendiri, dianjurkan memakai shampo yang khusus untuk rambut rontok. Tambahkan serum atau tonic untuk rambut agar batang-batangnya lebih kuat dan tak mudah rontok.

Terlalu sering gonta ganti gaya rambut

Gonta ganti gaya rambut itu tidak ada yang melarang, hanya saja memang apabila terlalu sering dilakukan, maka rambut akan kelelahan sendiri. Terutama jika gaya rambut tersebut menyebabkan rambut terluka. Semisal: dicurly, diwavy, atau dikepang.

Kesalahan yang lebih parah, biasanya Anda akan membawa kepangan, ekor kuda, atau rambut yang telah disasak tidur dan tidak diluruskan terlebih dahulu. Alhasil, rambut yang diikat, dijepit tadi merasa terjepit, terluka dan biasanya nutrisi tak mudah mencapai batang rambut dengan maksimal.

Belum menemukan shampo yang cocok

Seringkali problem rambut yang dialami oleh wanita adalah belum menemukan shampo yang cocok. Sehingga akhirnya seseorang jadi doyan gonta ganti shampo dan mencoba aneka shampo.

Apalagi jika akhirnya malah tergiur pada shampo promo dengan harga murah, akhirnya kualitas dan fungsi sampo dinomorduakan.

Tak heran kan apabila akhirnya rambut Anda tidak mendapatkan perawatan yang maksimal.

Ikut-ikutan teman

Jangan pernah membuat kesalahan dengan hanya ikut-ikutan teman. Saat sahabat sedang memakai merk A, maka Anda ikut mencoba merk A. Tanyakan pada rambut dan amati apa yang sebenarnya ia butuhkan. Beli produk-produk perawatan rambut yang memang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan rambut.

Demikian juga dengan perlakuan pada rambut. Tak semua rambut bisa mendapatkan perlakuan sama. Semua harus disesuaikan juga dengan jenisnya.

Terlalu sering memakai hair styling tools

Memakai styling tools menyebabkan rambut jadi kering dan rusak, apalagi jika Anda tidak memperhatikan panas yang dipakai pada rambut.

Tidak memakai serum atau vitamin rambut, akan membuat rambut juga kehilangan perlindungan tambahan. Akibatnya, selain kering, rambut perlahan akan keriting dan teksturnya menjadi kasar. Tak jarang jika pada ujung rambut ditemukan patah-patah atau bercabang.

Agar rambut cepat panjang

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar rambut cepat panjang.

Pilih produk yang tepat

Produk perawatan rambut memiliki fungsi yang beraneka ragam sesuai jenis dan kebutuhan rambut. Sebelum membeli produk tersebut, baca keterangan di balik kemasan dan sesuaikan dengan jenis dan kebutuhan rambut.

Dan agar rambut lebih cepat panjang, cari produk yang mengandung stimulating growth treatment.

Penuhi kebutuhan nutrisi dari dalam

Rambut dan kuku, membutuhkan protein yang cukup agar pertumbuhannya sehat dan cepat. Penuhi kebutuhan protein harian dengan mengonsumsi telur, keju, ayam, ikan atau daging. Dan jangan lupa lengkapi pula dengan zat besi yang bisa diperoleh melalui sayuran hijau, contohnya bayam.

Dianjurkan pula oleh para ahli agar kita memenuhi kebutuhan air yang cukup untuk membantu menjaga kelembaban rambut.

Lakukan trimming rambut secara rutin

Memotong/trimming rambut secara rutin justru membantu agar rambut lebih cepat panjang lho.

Mengapa demikian: bagian ujung rambut pada umumnya lebih kering dan mudah patah. Sering terkena paparan sinar matahari, AC, debu, alat pengering rambut. Dalam kondisi tersebut, rambut yang rusak harus diregenerasi, dengan cara memotong bagian yang rusak agar rambut yang baru dapat tumbuh lebih cepat.

Tidur cukup

Saat tidur sel-sel tubuh memulihkan diri kembali, untuk itulah tidur sangat penting tak hanya bagi kesehatan tapi juga seluruh bagian tubuh (termasuk kulit, kuku dan rambut).

Kurang tidur, mempengaruhi penampilan kulit, kuku dan rambut. Pada umumnya rambut jadi terlihat kusam dan kering sehingga pertumbuhannya pun tidak maksimal.

Pakai bantal sutra

Memang terkesan manja sih, tetapi bahan nilon atau mixed fibres seringkali membuat rambut tergesek. Dan gesekan ini terkadang melukai rambut, membuatnya mudah patah. Bahan sutra akan membuat rambut merasa lebih nyaman dan membungkusnya dengan halus.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading