Sukses

Beauty

Waspada Bila Sabun Anda Mengandung Sulfactan

Sabun mandi adalah benda yang penting dan dekat dengan wanita. Tak hanya memanjakan dengan wanginya, memilih sabun mandi haruslah yang memiliki manfaat dan aman bagi kecantikan serta kesehatan kulit.

Namun, bila sabun mandi yang Anda pakai mengandung sulfactan, Anda harus waspada. Ciri-ciri sabun yang mengandung sulfactan yaitu, memberi efek kesat pada kulit. Sabun ini ternyata dapat membahayakan kesehatan kulit, kata Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia, Srie Prihianti, PhD, SpKK.

"Ini merupakan efek yang disebabkan oleh kandungan kimia sulfactan atau SLS, pada sabun mandi atau sabun pembersih wajah," kata Srie di pada peluncuran MooGoo di Jakarta, Selasa.

Srie menjelaskan bahwa sulfactan adalah kandungan kimia yang memiliki tingkat iritasi tinggi.

"Bila kulit terasa kesat, ini tidak berarti bersih. Namun ini berarti sebagian lemak di permukaan kulit telah terangkat," kata Srie.

Lemak di permukaan kulit berfungsi sebagai proteksi yang membantu mencegah munculnya gangguan kulit seperti iritasi, radang, serta alergi.

"Oleh sebab itu, hindari sabun untuk kulit yang memiliki kandungan sulfactan, supaya kesehatan kulit tetap terjaga," saran Srie.

Untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, lebih baik memilih sabun yang kandungannya aman. Hindari membeli sabun karena harganya yang murah atau karena aromanya saja.

(vem/bee/ant)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading