Sukses

Beauty

Lindungi Kecantikan Wajah Dengan Bedak Padat

Oleh: Putri Citra Rahman

Saya ingin membagi pengalaman saya yang dulu selalu bermasalah dengan kulit wajah. Wajah saya tergolong sangat sensitif. Dulu, wajah saya penuh jerawat, berminyak dan banyak noda hitam bekas jerawat. Rasanya minder dan iri dengan teman-teman yang berwajah mulus. Setelah saya mengikuti ekstra kulikuler tata rias di sekolah, saya belajar banyak dan mengerti mengatasi masalah kulit wajah.

Kebanyakan wanita malas merawat dirinya, mereka hanya ingin berpenampilan natural tanpa make up. Tapi menurut saya, make up tidak selalu harus ditampilkan dengan berdandan berlebihan. Banyak wanita yang tidak mau memakai bedak padat dan hanya memakai bedak tabur, karena mereka menganggap badak padat itu terlalu tebal dan menyebabkan jerawatan. Dulu saya sempat berpikir demikian, tetapi setelah tahu manfaat bedak padat, saya mengubah persepsi saya.

Bedak padat mengandung pelindung sinar UV yang melindungi kulit, karena sinar UV dapat merusak jaringan kulit, menimbulkan bercak kemerahan atau bercak hitam pada kulit sensitif, serta mempercepat timbulnya kerutan di wajah. Bedak padat juga memiliki formula yang dapat menyerap produksi minyak berlebihan pada wajah, sehingga wajah Anda tetap terlihat fresh seharian.

Biasanya, bedak tabur (khususnya bedak tabur bayi) tidak mengandung pelindung UV dan tidak dapat penyerap minyak berlebih yang di produksi kulit, sehingga bedak mudah luntur jika tubuh berkeringat dan berminyak. Tentu Anda tidak mau wajah yang terlihat segar di pagi hari tapi beberapa jam kemudian mengkilap karena minyak yang berlebih.

Untuk wanita yang memiliki wajah berminyak dan sensitif seperti saya, Anda harus lebih selektif memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit. Berikut tipsnya:

  1. Ubah persepsi Anda tentang bedak padat dan mulailah belajar menggunakan bedak padat.
  2. Pilih bedak yang sesuai dengan warna kulit Anda, karena warna yang tidak cocok akan menimbulkan kesan berlebihan (tampak seperti topeng) dan mengurangi rasa percaya diri.
  3. Pilih bedak khusus kulit berminyak dan sensitif, tanyakan secara cermat pada counter kosmetik sebelum Anda membeli.
  4. Ungkapan "harga tidak bisa bohong" tentunya sangat berlaku dalam pembelian kosmetik. Jangan tergiur dengan kosmetik murah karena kosmetik murah seringkali mengandung bahan berbahaya yang dapat merusak wajah. Bahkan hal yang sama dapat terjadi pada kosmetik mahal, bijaksanalah memilih.
  5. Pakai sedikit foundation atau alas bedak untuk menyamarkan bercak merah dan noda hitam pada wajah. Oleskan tipis-tipis pada noda di wajah lalu lapisi dengan bedak secara rata.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda menyamarkan noda pada wajah dan tetap tampil cantik natural. Dengan segala manfaatnya, jangan takut memakai bedak padat ya! :)

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading