Sukses

Beauty

Tips Bila Ingin Peeling di Rumah

Vemale.com- Dr. Dennis Gross, seorang dermatologis dari New York mengatakan bahwa peeling ternyata adalah salah satu proses yang penting untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Dengan melakukan proses peeling, kita akan membantu regenerasi kulit mati.

Sebagian orang mengaku bahwa terkadang tak ada banyak waktu untuk melakukan peeling di salon. Mengantre dan pergi ke salon saja sudah makan waktu, belum lagi budget yang dikeluarkan biasanya cukup besar. Padahal, dengan melakukan peeling rutin, kulit akan jauh lebih cerah, bersinar, dan membantu mengatasi problem penuaan dini.

Anda yang mengalami masalah yang disebutkan di atas, bisa kok mencoba melakukan peeling sendiri di rumah. Yang Anda perlukan adalah:

1. Cream peeling

2. Handuk

3. Air hangat

Namun, sebelum Anda mulai mempraktekkannya, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelumnya:

Lakukan dengan rutin

Ya, agar kulit benar-benar sehat dan bersih, Anda harus melakukan peeling dengan rutin. Sesuaikan produk dengan jenis dan kebutuhan kulit Anda, agar hasilnya maksimal dan mengurangi efek samping.

Peeling disarankan dilakukan maksimal 2 kali dalam satu bulan. Sekalipun mungkin Anda merasa wajah sudah kusam dalam seminggu, namun kulit membutuhkan waktu untuk beregenerasi. Bahkan, sebagian orang melakukan peeling rutin hanya 1 bulan sekali.

Waktu peeling terbaik?

Waktu melakukan peeling terbaik sebenarnya adalah di sore atau malam hari. Di waktu ini Anda tidak akan bersentuhan langsung dengan sinar matahari, sehingga kulit dapat beristirahat dan jauh dari radiasi UV A dan UV B.

Disarankan juga, setelah melakukan peeling, Anda menghindari sinar matahari langsung dan memakai pelindung entah topi atau payung. Sunblock tidak disarankan, karena sebaiknya selama 3 hari Anda tidak membiarkan kulit terkontaminasi bahan apapun, termasuk cream-cream yang biasa Anda pakai, cukup facial wash saja.

Kapan boleh pakai sunblock?

Setelah tiga hari Anda boleh memakai aneka produk kosmetika Anda, termasuk sunblock. Selalu gunakan sunblock dengan SPF tinggi, terutama saat beraktivitas di bawah sinar matahari langsung.

Lakukan tes iritasi

Nah, apabila jenis kulit Anda adalah kulit sensitif, maka Anda harus mencari produk yang aman dan harus dicoba dulu. Caranya, cobalah di bagian punggung tangan, diamkan selama kurang lebih 1 jam dan lihat apakah ada reaksi alergi. Apabila tidak ada, maka Anda bisa menggunakan produk tersebut.

Bagian mana yang dipeeling?

Yang jelas, Anda bisa melakukan peeling di seluruh bagian wajah dan leher, namun selalu hindari bagian yang terluka atau sedang berjerawat agar luka dan jerawat tidak menimbulkan infeksi.

Langkah-langkah peeling:

1. Bersihkan wajah dengan susu pembersih dan toner, sambil dipijat-pijat selama 1 menit

2. Sterilkan pin pemencet jerawat dan komedo, sebelum digunakan dengan alkohol 70%. Kemudian baru boleh dipakai.

3. Setelah proses pemencetan jerawat dan komedo selesai, pakai cream peeling. Hindari bagian jerawat yang meradang atau kulit yang terluka.

4. Diamkan sampai setengah mengering, kemudian angkat masker peeling dari wajah sambil digosok perlahan.

5. Basuh wajah dengan air hangat, kemudian masker wajah dengan buah-buahan atau mentimun.

NOTE: cream peeling yang digunakan adalah jenis mask peeling

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading