Sukses

Beauty

Tips Mencuci Rambut Yang Tepat

Vemale.com- Mencuci rambut sama halnya seperti mandi, kegiatan rutin yang selalu kita lakukan. Sama halnya seperti kegiatan rutin lain, seringkali hal yang sering dilakukan justru tidak mendapat perhatian yang lebih, termasuk saat kita mencuci rambut. Padahal kegiatan mencuci rambut adalah salah satu metode penting untuk mendapatkan rambut yang sehat, lembut dan bersinar.

Seperti apapun tipe rambut Anda, ikuti lima langkah ini agar mencuci rambut tak hanya sekedar membersihkan rambut dan kulit kepala.

1. Jangan Berlebihan Memakai Sampo

Berapa banyak shampo yang diperlukan setiap kali mencuci rambut? Tergantung seberapa kotor dan seberapa panjang rambut Anda. Sampo sendiri adalah bahan untuk membersihkan kulit kepala, selama kulit kelapa sudah mendapat shampo merata, itu sudah cukup, tak perlu menuang banyak shampo demi mendapatkan banyak busa. Pemakaian shampo berlebih justru akan mengikis minyak alami yang dihasilkan kulit kepala, sehingga rambut akan menjadi kering dan berpotensi menghasilkan ketombe kering.

2. Gunakan Jenis Sampo Yang Tepat

Anda harus tahu tipe rambut sekaligus kulit kepala saat akan memilih sebuah shampo. Apakah rambut Anda tipe kering, normal, berminyak, kulit kepala berketombe, rambut dalam kondisi rusak, rambut diwarnai, mengalami masalah kerontokan dan lain sebagainya. Setiap jenis rambut dan kulit kepala harus mendapat penanganan dari shampo yang tepat.

3. Hindari Menarik Rambut Yang Kusut Sebelum mencuci rambut, ada baiknya Anda menyisir rambut untuk mengurangi efek kusut ketika mencucinya. Rambut yang dalam kondisi basah lebih rapuh dan lebih mudah rusak, sehingga menarik atau menyisir rambut saat dalam keadaan basah bukan ide yang baik. Jangan lupa beri kondisioner untuk merapikan lapisan kutikulal rambut dan mengurangi efek kusut setelah mencuci rambut. 4. Ganti Sampo Berkala

Ada yang mengatakan hal ini hanya mitos, tetapi menurut beauty and style, mengganti shampo secara berkala akan mengurangi efek berlebihan pada rambut. Hal ini sekiranya dapat dibenarkan karena beberapa laporan menyebutkan bahwa pemakai shampo yang mengandung banyak pelembab merasa oke ketika masa awal pemakaian shampo, tetapi setelah beberapa minggu, muncul masalah ketombe. 5. Pijat Kulit Kepala Dengan Benar Sebagai metode menghilangkan kotoran dan minyak pada kulit kepala, memijat kulit kepala harus benar. Gunakan bantalan jari tangan Anda untuk memijat kulit kepala, jangan pernah menggunakan kuku karena bisa melukai kulit kepala. Beri tekanan yang lembut agar semua kotoran pada kulit kepala terangkat.

(vem/wsw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading