/body-and-mind/cantik/100795-5-kesalahan-pakai-skin-care-yang-bisa-menimbulkan-jerawat.html

5 Kesalahan Pakai Skin Care yang Bisa Menimbulkan Jerawat

Selasa, 10 Januari 2017 16:00

Oleh: Ammy Marcinda

Foto Copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Setiap wanita pasti mendambakan kulit yang sehat dan bersih dari jerawat. Namun bukan satu dua wanita yang sedang berjuang untuk melawan jerawat. Bahkan di saat merasa sudah merawat kulit dan memakai produk ini itu pun jerawat belum kunjung hilang. Seriously, you're not alone. Kalau jerawat tetap betah dan belum ada tanda menghilang bahkan di saat Anda rutin menggunakan berbagai produk skin care, ada yang harus lebih dicermati nih. Mungkin ada beberapa kesalahan yang dilakukan sehingga jerawat tetap rajin datang dan malas pergi. Yuk, pastikan Anda tidak melakukan 5 kesalahan berikut.

1. Tidak Membersihkan Wajah Secara Tuntas

Dasar untuk membuat kondisi kulit menjadi lebih baik adalah dengan memastikan kebersihannya. Terkadang memang sih ada rasa malas untuk membersihkan wajah secara tuntas, apalagi kalau sudah lelah begitu sampai rumah. Padahal berbagai kotoran yang menempel di wajah selama sehari penuh itu tidak dapat sepenuhnya terangkat jika dibersihkan dengan asal. Usahakan untuk selalu menyempatkan diri melakukan double cleansing di malam hari terutama bagi Anda yang menggunakan makeup atau yang sering menghabiskan waktu di luar ruangan agar semua kotoran dan makeup pasti terangkat dan kulit benar-benar bersih. Jangan lupa untuk pakai juga pembersih wajah di pagi hari untuk mengangkat sisa-sisa minyak dan produk skin care lainnya yang dipakai semalaman.

2. Melakukan Eksfoliasi Terlalu Sering

Saat ini sudah banyak produk chemical exfoliant yang memiliki kandungan ringan dan bisa dipakai secara rutin beberapa kali dalam seminggu. Walau begitu, jika Anda terlalu sering mengeksfoliasi kulit, ada kemungkinan kulit Anda malah akan teriritasi dan jerawat makin meradang. Kulit yang terlalu sering dieksfoliasi akan lebih kering sehingga wajah memroduksi lebih banyak minyak yang nantinya malah menimbulkan jerawat jika menumpuk dan bercampur dengan kotoran, debu, dan sisa makeup. Tidak semua jenis kulit bisa menggunakan chemical exfoliant terlalu sering. Ada baiknya, saat awal pemakaian coba dengan frekuensi sekali dalam seminggu. Jika efek yang dihasilkan memberi perubahan baik pada kulit, baru deh ditingkatkan pemakaiannya menjadi 2 - 3 kali dalam seminggu.

3. Membersihkan Wajah dengan Face Scrub

Selain frekuensi eksfoliasi yang terlalu sering harus dihindari, proses membersihkan wajah juga perlu diperhatikan, terutama kalau Anda menggunakan face scrub. Hindari produk face scrub yang memiliki butiran keras dan kasar, karena tekstur seperti ini akan menyebabkan iritasi pada kulit Anda yang berjerawat. Bisa-bisa jerawat jadi lebih lama hilang dan lama sembuhnya. Kalau Anda sudah melakukan eksfoliasi dengan chemical exfoliant, tidak perlu mengulang eksfoliasi dengan face scrub lagi.

4. Tidak Memakai Pelembap

Apapun jenis wajah Anda, pelembap atau moisturizer tetap jadi produk skin care penting yang harus dimiliki, bahkan untuk si kulit berjerawat sekalipun. Setelah membersihkan wajah (bahkan hanya dengan air sekalipun) kelembapan alami pada wajah pasti akan terkikis. Untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap seimbang, kita membutuhkan bantuan pelembap. Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat dapat memilih produk pelembap yang teksturnya lebih ringan seperti lotion atau gel, sedangkan Anda yang punya kulit kering dan berjerawat bisa mencari pelembap yang teksturnya lebih kental.

Beberapa Produk Rekomendasi:

copyright: sociolla.comcopyright: sociolla.com

Cetaphil - Gentle Skin Cleanser (Beli di Sociolla), Paula's Choice - Skin Perfecting 2% BHA Liquid Exfoliant PC003 (Beli di Beautylink), Sebamed - Moisturizing Cream (Beli di Sociolla)

5. Melewati Pemakaian Tabir Surya

Tabir surya merupakan salah satu produk kecantikan yang wajib dimiliki oleh setiap orang, dan rasanya tidak terlalu berlebihan jika mewajibkan setiap wanita untuk menggunakannya sebelum melangkah ke luar rumah. Efek buruk sinar matahari bisa beragam lho, selain memicu pertumbuhan sel kanker dan kemerahan, kulit yang terpapar sinar matahari tanpa perlindungan juga cenderung mengalami penuaan dini. Anda yang sedang mengobati jerawat, biasanya kulit menjadi lebih sensitif dan mudah bereaksi terhadap sinar matahari. Karena itu penting sekali untuk selalu melindungi kulit dengan tabir surya setiap hari, dan pakai ulang setelah beberapa jam. Anda bisa menggunakan produk berdesain spray yang lebih praktis digunakan seperti Bioderma Photoderm Max Spray SPF 50 +.

Baca juga: 7 Penyebab Jerawat yang Tidak Anda Sadari

Article powered by: Beauty Journal Sociolla

Baca Juga:

7 Penyebab Jerawat yang Tidak Anda Sadari

Nggak Nyangka! Kulit Pisang Bisa Atasi Jerawat

Oh No! Justru Hal Sepele Inilah yang Bikin Jerawatmu Makin Parah

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Kulit Berjerawat

5 Bahan Alami Ini Atasi Jerawat yang Membandel, Kamu Harus Coba!

(vem/sociolla/apl)


Rekomendasi Pilihan

CARA LUPAIN MANTAN ft.Kinoy !! KapanLagi #LupainMantan

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----

DON'T MISS IT
YOU NEED TO KNOW
KOMENTAR ANDA

MOST VIEWED ARTICLES
LOAD MORE


ZODIAK HARI INI

Aries

Semua memiliki kepentingan yang berbeda.