KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. BALITA

Jari Kaki Bayi Ini Nyaris Putus karena Sehelai Rambut

Sabtu, 12 Maret 2016 13:40 Penulis: Endah Wijayanti
Ilustrasi. | Foto: copyright DePhotology Kukuh Digital Studio

Vemale.com - Ketika bayi menangis itu tandanya ada sesuatu yang terjadi. Mungkin dia haus, lapar, merasa tak nyaman, atau sedang terluka. Sebagai orang tua, penting bagi kita untuk bisa mengetahui penyebab pasti kenapa bayi menangis agar bisa segera menemukan jalan keluarnya. Jangan sampai kejadiannya seperti yang dialami oleh Scott dan Jessica Walker ini.

Scott dan Jessica Walker dari Wichita, Kansas punya pengalaman yang cukup traumatis sekaligus jadi pelajaran bagi orang tua semua. Dilansir dari today.com, putrinya Molly yang berusia 19 minggu suatu hari menangis histeris saat makan siang. Molly terus rewel dan suhu tubuhnya meningkat.

Karena suhu tubuh putrinya yang meningkat, Jessica berusaha untuk mengembalikan temperatur tubuhnya kembali normal dengan melepas kaos kakinya. Betapa terkejutnya Jessica ketika mengetahui ada sehelai rambut yang menjerat salah satu jari kaki putri kecilnya tersebut.

Kondisi yang terjadi pada Molly itu disebut torniket rambut (hair tourniquet) di mana sehelai rambut tiba-tiba saja menjerat dan mengikat kuat jari kaki. Saking kuatnya dan kencangnya jeratan itu, risikonya sirkulasi darah bisa berhenti. Buruknya lagi, kalau tak diatasi secepatnya jari kaki Molly bisa terancam putus atau diamputasi.

Kondisi jari kaki Molly setelah rambut yang menjeratnya berhasil dilepas. | Foto: copyright today.com

Beruntung Jessica segera bertindak cepat. Dengan menggunakan pinset dan kaca pembesar, ia bisa melepas jeratan rambut di kaki putri kecilnya itu. Sementara itu, Scott untuk meningkatkan kewaspadaan para orang tua, ia coba membagikan cerita dan pengalamannya ini via Facebook. Postingannya pun sudah di-share lebih dari 16 ribu kali dan di-like lebih dari 27 ribu kali. "Situasinya cukup menakutkan. Syukurlah bisa teratasi meski cukup mengerikan, dan kuharap orang lain tak mengalaminya jadi kuputuskan menuliskan pengalaman itu," tutur Scott.

Menurut Dr. Debi Gilboa, seorang pakar pengasuhan anak dan pengembangan anak mengatakan kalau torniket rambut merupakan salah satu hal yang sering dialami anak kecil. Hanya saja sayangnya tak semua orang tua paham atau tahu akan masalah ini. Torniket rambut bisa terjadi karena banyak orang tua yang punya rambut panjang dan bayi biasanya suka mengambil helaian rambut itu dan akhirnya menempel di popok atau kaos kaki.

Dr. Debi juga mengingatkan para orang tua untuk lebih peka lagi jika anaknya rewel atau menangis. Bisa coba langsung cek jari-jari kakinya. Umumnya torniket rambut ini tak susah untuk dikenali dan bisa langsung diatasi dengan menggunakan pinset atau jepit rambut. Atau untuk lebih amannya bisa segera menghubungi dokter.

Sebagai orang tua kita memang perlu lebih hati-hati lagi, ya Ladies. Saat anak menangis dan rewel, segera cari tahu penyebabnya. Supaya bisa segera ditangani dan tak berdampak lebih buruk.



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA