1. VEMALE
  2. /
  3. BALITA

Bolehkah Saya Melakukan Pemijatan Pasca Operasi Caesar?

Sabtu, 15 Maret 2014 13:16 Penulis: ver
(c) vemale.com

Vemale.com - Anda yang telah menjalani operasi caesar pastinya merasakan sakit yang ditimbulkan pasca operasi caesar. Sakit tersebut tidaklah hilang dalam beberapa hari atau minggu, tetapi akan sembuh total setelah pemulihan selama beberapa bulan bahkan satu tahun. Badan Anda mungkin sangat membutuhkan relaksasi agar dapat beraktivitas secara normal kembali.

Apabila Anda ingin melakukan pemijatan untuk mengembalikan kebugaran tubuh, tunggulah setelah luka Anda membaik. Mungkin hal ini akan memakan 1 atau 2 minggu, namun akan lebih baik jika Anda meminta dokter untuk mengecek apakah Anda sudah siap untuk dipijat atau tidak.

Pijatan-pijatan yang dilakukan pastinya akan membantu Anda untuk membaik, namun mintalah kepada tukang pijat untuk tidak menyentuh bagian perut dan bekas luka. Adanya tekanan di sekitar area tersebut akan berbahaya dan menghasilkan masalah. Pijatan aman dilakukan di area kaki, kepala, tangan, dan bagian belakang badan.

Menurut babycenter.in, kira-kira setelah 5 sampai 6 minggu, Anda dapat memulai pijatan di bagian urat-urat yang lebih dalam untuk menyembuhkan sakit yang lebih dalam. Beberapa ahli percaya bahwa pijatan urat akan mencegah menyatunya organ dan jaringan-jaringan yang seharusnya terpisah yang biasanya terjadi setelah operasi.

Yang terpenting adalah pastikan Anda memilih tukang pijat yang sudah mengetahui cara-cara memijat setelah melahirkan. Untuk hasil yang terbaik, mulailah melakukan pemijatan selama 14 minggu setelah melahirkan.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Operasi Caesar
Resep Masker Simpel Untuk Kulit Kering