Sukses

Parenting

Kapan Bayi Anda Berbicara?

Ketika bayi Anda berumur 9 bulan, gumanan bayi Anda mungkin akan mulai terdengar lebih memiliki arti, seperti 'mmmaa'. Namun, sebenarnya bayi Anda belum dapat menghubungkan kata yang mereka ucapkan dengan arti kata yang sebenarnya, seperti kata 'mama' yang sebenarnya tidak berarti ‘ibu’. Kata-kata tersebut mungkin hanyalah kata-kata yang mereka gumamkan secara terus-menerus.

Namun, ketika bayi Anda memasuki usia 12 bulan, dia akan dapat mengucapkan kata ‘mama’ dan dia telah paham sepenuhnya arti kata tersebut. Di tambah lagi, mungkin dia akan ‘berbicara’ kalimat-kalimat pendek seolah mereka mampu berbicara bahasa ‘asing’ yang sama sekali tidak dapat Anda pahami.

Seperti dijelaskan kembali melalui babycentre.co.uk, di antara usia 12 - 18 bulan, bayi Anda akan lebih tertarik pada kata-kata dan dia akan mampu menguasai, setidaknya, 6 hingga 20 kata. MEmang sih Moms, perbendaharaan kosakata bayi tergantung banyak hal. Ada juga beberapa bayi bahkan telah menguasai kata lebih dari jumlah tersebut pada usia sekitar 1 tahunan.

Ketika bayi Anda telah memasuki usia 2 tahun, dia kemungkinan telah mengenal paling tidak 200 kata meskipun mereka hanya menggunakan sekitar 50 kata. Selain itu, bayi Anda mampu membentuk 2-3 kalimat. Setahun kemudian, bayi Anda telah menjadi pembicara yang handal. Kata-kata yang mereka ucapkan lebih mudah dimengerti dan mereka mampu melakukan percakapan yang cukup panjang dengan Anda.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading