Sukses

Parenting

4 Cara Menghadapi Anak yang Tantrum, Catat Moms!

Menghadapi anak yang sedang rewel memang butuh keterampilan, Moms. Jangan kira mudah menghadapinya, apalagi jika Moms dalam keadaan sudah lelah dan banyak pikiran. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan demi membantu Moms menghadapi si kecil yang sedang marah.

1. Tenang
Cara terbaik dan tersulit yang bisa dilakukan adalah menghadapinya dengan tenang, apalagi jika anak melakukannya di depan umum. Jangan memberikan reaksi marah pada kemarahan yang ditunjukkan anak. Jika tantrum dibalas dengan tantrum, masalahnya akan semakin besar karena ibu ikut terpancing.

2. Sabar
Daripada membentak anak, bersikaplah sabar. Berlututlah sehingga tinggi Moms sama atau selevel dengannya dan tatap mata anak. Ketahui apa maunya, minta ia mengatakan dengan jelas dan tenangkan anak dengan memegang bahu atau punggungnya.

3. Jangan bersikap kasar
Kalian mungkin akan menjadi pusat perhatian, namun tak perlu malu. Biasanya rasa malu akan memicu ibu untuk berlaku kasar sebagai jalan pintas untuk menghentikan anak. Namun cara ini salah. Anak justru akan bersikap lebih kasar. Sebaliknya, pegang dia sehingga tidak berlari atau berpindah ke mana-mana dan menyebabkan lebih banyak kerusakan.

4. Be strong
Jadilah ibu yang kuat. Jangan mudah goyah, takut atau terlihat lemah di depan anak. Karena anak bisa melihat apakah ibunya tipe yang mudah dimanfaatkan dan dikendalikan atau sebaliknya. Tunjukkan sikap tegas dan positif sehingga anak tidak memanfaatkan Moms.

Anak memang punya banyak kejutan dalam perjalanannya tumbuh besar dan mengembangkan karakter. Ini akan jadi pengalaman yang akan membentukmu lebih, Moms, jadi nikmati setiap momennya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading