1. VEMALE
  2. /
  3. BALITA

5 Cara Menidurkan Bayi dengan Cepat, Catat Moms!

Senin, 01 Oktober 2018 12:15 Penulis: Febi Anindyakirana
Cara menidurkan bayi/copyright Pixabay.com/esudroff

Vemale.com - Pengalaman menjadi ibu memang tak ada duanya dan tak tergantikan. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi, salah satunya adalah menidurkan bayi. Terkadang karena alasan tertentu, bayi sulit tidur, rewel dan menangis sepanjang malam.

Hal ini tentu membuat ibu khawatir dan pastinya lelah karena bingung harus melakukan apa. Namun jangan khawatir, karena sebenarnya ada banyak cara menidurkan si kecil, seperti dilansir Babble.com. Ini yang bisa Moms lakukan.

1. Membungkus dengan selimut bedung
Bayi akan merasa nyaman ketika dibalut dengan selimut bedung, terutama saat bayi masih sangat kecil, usia 3 bulan ke atas. Karena selimut ini menjaganya tetap hangat. Ibu juga lebih mudah membawanya ke mana-mana.

2. Ganti popok 2-3 jam sebelum tidur
Jika ingin mengganti popok dan menjaganya tetap bisa digunakan semalaman, lebih baik ganti popok jauh sebelum si kecil ditidurkan. Karena mengganti popok tepat saat si kecil akan tidur justru membuatnya tidak nyaman. Butuh adaptasi lagi agar bayi nyaman dengan permukaan popok. Namun ada juga bayi yang menunjukkan sikap sebaliknya. Kenali mana yang cocok untuknya, Moms.

Cara menidurkan bayi dengan cepat/copyright Pixabay.com/PublicDomainPictures

3. Suara mendengung
Suara mendengung dari hair dryer atau vakum cleaner bisa membuat bayi tenang dan tertidur. Suara yang menurut banyak orang dewasa berisik ini justru mampu memberikan kenyamanan pada bayi, karena sebenarnya bayi sudah sangat familiar atau mengenali jenis suara ini sejak di dalam perut ibu. Suara ini sangat bisa dihasilkan dengan mulut kok Moms. Cukup tirukan suara mendengung saat menggendong si kecil.

4. Ruangan gelap

Matikan lampu dan jaga ruangan tetap gelap dan sunyi untuk memudahkan si kecil tidur. Seperti orang dewasa yang lebih mudah tertidur saat lampu padam, si kecil juga lebih menyukai ketika tak ada cahaya saat ia tidur.

5. Menimang
Menggendong juga ada tekniknya, agar anak berhenti menangis dan cepat tertidur, yaitu dengan cara menimang. Menimang dengan terus memantulkan tubuh naik turun akan membuat anak merasa lebih nyaman. Pastikan juga menjaga si kecil selalu dekat dengan dada karena kehangatan tubuh ibu dan suara jantung ibu membuat si kecil nyaman.

Tentunya karakter setiap bayi bisa berbeda, dan Moms tidak selalu bisa menerapkan semua cara di atas. Namun tak ada salahnya mencoba dan semoga tips di atas bisa membantu ya, Moms.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Apa Kabar NEO?