Sukses

Parenting

Bagaimana Cara Memandikan Bayi, Begini 5 Langkahnya!

Setelah melahirkan, masih ada banyak tantangan lagi untuk ibu baru merawat bayi yang baru lahir, salah satunya adalah memandikan bayi. Banyak ibu baru takut memandikan bayi untuk pertama kali karena berbagai hal, takut terlalu kasar, salah posisi memandikan dan lain sebagainya. Dilansir dari New Parent.com, ada beberapa langkah dan tips memandikan bayi yang bisa diikuti.

1. Persiapkan semua peralatan dekat jangkauan tangan

Persiapkan berbagai peralatan mandi, mulai dari sabun, sampo, dan handuk yang halus dekat jangkauan tangan. Karena ini akan memudahkan Moms memandikan bayi dan menjaga bayi tidak terlalu lama terendam air.

2. Air hangat

Siapkan air hangat yang tidak terlalu panas. Jangan mengukur suhu air hangat dengan tangan karena sensitivitasnya kurang. Tes air hangat dengan siku. Untuk mencegah bayi kedinginan, jangan membiarkan bayi telanjang terlalu lama karena menunggu air hangat. Lepaskan baju sesaat setelah semua keperluan mandi siap.

3. Perhatikan posisi bayi

Tahan badan bayi tepat di punggungnya. Jika tidak yakin karena tangan dan lengan terlalu kecil, gunakan penyangga dengan bahan spons yang nyaman sehingga bisa menjaga bayi tetap pada tempatnya. Posisikan bayi perlahan mendekati permukaan air.

Memandikan bayi/copyright Pixabay.com/rui720

4. Dari atas ke bawah

Mandikan bayi dengan mengguyur air perlahan dari bahu ke bawah. Jangan mengguyur bagian kepala. Cukup usap kepalanya dengan handuk basah. Pakai spons halus untuk membuat busa sabun dan menggosok setiap bagian tubuh bayi. Jangan lupa bagian lipatan-lipatan kulit seperti ketik, selangkangan dan bokong bayi. Lakukan dengan cepat namun halus. Setelah itu bilas.

5. Membersihkan telinga dan wajah

Jaga telinga bayi tidak kemasukan air. Untuk membersihkan bagian telinga, gunakan cotton bud atau kapas kecil, namun jangan bersihkan hingga liang telinga, cukup bagian luar saja. Untuk wajah, basahi handuk hangat dan usap perlahan, bersihkan juga bagian mata.  

Setelah selesai semua langkah dan bayi sudah dibilas bersih, segera angkat bayi dan balut dengan handuk kering yang halus.

Jika belum yakin bisa memandikan sendiri, minta orang terdekat menemani saat memandikan bayi. Pastikan bayi tetap nyaman sehingga pengalaman memandikan bayi membuat Moms lebih percaya diri untuk pengalaman memandikan bayi berikutnya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading