Sukses

Parenting

Sering Ajak Bicara Bayi Bisa Membuat Ia Cepat Belajar Bicara

Bayi butuh banyak stimulasi untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan sehatnya. Salah satu hal yang menjadi perhatian banyak orangtua adalah perkembangan bicara anak. Anak akan bisa mulai bicara di usia tertentu, namun ada satu cara membantu mempercepat waktu belajar bicara pada anak sekaligus mengembangkan bahasa padanya, yaitu dengan mengajaknya bicara.

Dilansir dari Healthline.com, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Journal of Neuroscience menemukan bahwa sering mengajak bicara anak saat ia masih bayi mampu membantu mengembangkan bahasa dan keterampilan pemahaman anak sejak dini, terlepas dari faktor sosial dan ekonomi keluarga.

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology, University of Pennsylvania, dan Harvard ini melibatkan 40 anak-anak dengan rentang usia 4-6 tahun dengan orangtua mereka dari berbagai latar belakang, kondisi finansial serta pendidikan orangtua.

Peneliti merekam interaksi dan percakapan yang dilakukan orangtua terhadap anak selama dua hari. Kemudian peneliti melihat aktivitas otak anak melalui MRI dan menemukan bahwa anak yang terlibat percakapan banyak dengan orangtua memiliki koneksi batin lebih kuat di area otak bernama Wernicke dan Broca, yaitu area otak yang menangani pemahaman dan produksi ucapan.

Jadi, jangan abaikan mengajak bicara anak meski ia belum bisa bicara ya Moms, karena ternyata mengajak ngobrol anak sejak kecil justru membuatnya mampu memahami bahasa dan belajar bicara lebih cepat daripada anak-anak lain lho.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading