Sukses

Parenting

Makanan Pendamping ASI Terbaik untuk Bayi, Catat ya Moms!

Jika si kecil sudah memasuki usia boleh mengonsumsi makanan pertama pendamping ASI, maka Moms perlu mengetahui apa saja makanan terbaik yang bisa dijadikan referensi sebagai menu pendamping ASI.

Idealnya, bayi boleh mendapatkan Makanan Pendamping ASI (MPASI) setelah usia enam bulan. Makanan yang biasanya menjadi pilihan seperti bubur, tepung beras, hingga jus sayuran yang matang.

Hal ini diungkapkan dokter spesialis anak konsultan, Ariani Dewi Widodo, "MPASI terbaik pada umumnya bubur dan tepung beras. Di awal MPASI, ibu bisa berikan bubur dan tepung beras 1 kali sehari."

Karena pemberian MPASI juga termasuk sebagai bentuk latihan sistem pencernaan anak, maka akan lebih baik jika memberikan menu MPASI yang bertekstur encer di awal-awal masa pembiasaan. Jangan memberikan MPASI terlalu kental agar anak tidak tersedak dan sulit menelan makanan. Porsinya juga jangan banyak, cukup sedikit demi sedikit sebanyak dua kali sehari.

Makanan pendamping ASI terbaik adalah yang mudah dicerna dan kaya gizi/copyright Shutterstock.com

"Lama-lama (bubur instan dan tepung beras) kental. Ini biar usus bayi beradaptasi dengan tekstur makanan," Ariani menambahkan.

Namun dari semua makanan pendamping ASI, makanan terbaik adalah yang bisa mencukupi kebutuhan gizi anak, terutama yang mengandung karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi. Makanan dengan kandungan protein hewani, vitamin, dan mineral yang juga harus diberikan.

Jadi Moms, pastikan anak mendapatkan MPASI dengan gizi lengkap selain memastikannya tidak terlalu kental dan nyaman dikonsumsi anak.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading