1. VEMALE
  2. /
  3. BALITA

Buah Hati Suka Bermain Kotor? Jangan Takut Mom, Ini Manfaatnya

Sabtu, 11 Agustus 2018 12:21 Penulis: Rohmitriasih
copyright pexels.com/pixabay.com

Vemale.com - Melihat buah hati bermain di tempat yang kotor tentu membuat banyak orang khawatir. Karena tempat kotor identik dengan sarang kuman dan bakteri yang bisa berbahaya bagi kesehatan buah hati. Tapi mom, bermain di tempat kotor sebenarnya bisa merangsang tumbuh kembang anak dengan lebih baik. Ini juga bisa membuat daya tahan tubuh anak semakin meningkat.

Sulit dipercaya memang bahwa tempat kotor bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak. Jangan salah mom, tempat yang kotor justru bisa membuat imunitas anak meningkat. Melansir dari laman klikdokter.com, para ahli percaya jika tempat kotor bisa membantu anak-anak menghadapi bakteri maupun kuman yang ada.

Semakin sering anak bermain kotor, maka daya tahan tubuhnya akan bekerja lebih aktif. Ini juga bisa membuatnya lebih bisa mengenal berbagai macam bakteri serta kuman yang mengancam kesehatannya.

Penelitian terbaru yang dilakukan para ahli menemukan jika anak-anak yang hidup di lingkungan terlalu bersih atau higienis dan jarang bersentuhan dengan kotoran, berpotensi lebih tinggi terserang penyakit serta alergi. Ini disebabkan oleh imun anak yang tidak bisa dengan cepat mengenali kuman, bakteri serta virus di sekitarnya. Sebaliknya, anak-anak yang terbiasa dengan sesuatu yang kotor, imun tubuhnya bekerja dengan lebih baik.

Meski membiarkan anak bermain di tempat kotor, ada beberapa hal yang perlu mom perhatikan dari anak. Perhatikan bahwa tempat kotor di mana ia bermain tidak mengandung zat kimia berbahaya, anak tidak menelan benda kotor di sekitarnya dan pastikan untuk segera membersihkan tubuhnya setelah ia selesai bermain.

Usahakan pula untuk mengimbangi asupan nutrisinya dengan baik. Perbanyak asupan protein, zat besi, Vitamin A dan nutrisi lainnya demi menunjang tumbuh kembang anak dengan lebih baik lagi.


(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Soal Kosmetika Oplosan, Polisi Panggil Via Valen dan Nella Kharisma