1. VEMALE
  2. /
  3. BALITA

5 Cara Atasi Anak yang Punya Nafsu Makan Berlebihan

Kamis, 09 Agustus 2018 11:15 Penulis: Luthfia Miranda Putri
Parenting/ Copyright : freepik.com/

Vemale.com - Mom pasti akan senang jika melihat si kecil suka makan dan menghabiskan seluruh makanannya. Rasanya Mom bisa menjadi koki yang hebat agar si kecil bisa doyan makan. Tapi apa jadinya kalau ternyata nafsu makannya bertambah secara berlebihan setiap hari?

Coba perhatikan apakah setelah selesai makan nasi, bisa saja ia meminta tambah kue ataupun es krim karena dia belum merasa kenyang. Dilansir dari parents.com, Mom bisa mengatasi nafsu makan anak yang berlebihan agar sesuai dengan porsinya dengan beberapa cara ini.

1. Atur makan sesuai jadwal
Mulai dari bangun tidur langsung minum susu, makan kue, lalu lanjut makan nasi. Ketahui jika hal berlebihan ini bisa jadi tidak baik. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah Mom bisa membagi jadwal makan pada pagi, siang, dan malam. Sesekali boleh memberi camilan pada waktu yang sama. Selain itu, Mom juga harus rutin memberikan dia banyak air. Karena bisa saja sebenarnya dia bingung apakah dia sedang lapar atau haus.

2. Coba tarik perhatiannya ke fokus lain
Anak-anak dalam rentang usia ini biasanya menghabiskan waktu untuk makan karena mereka sedang bosan. Jika si kecil mencoba menambah makanan di luar jadwal, Mom bisa mencoba untuk menarik perhatiannya ke fokus yang lain seperti mengajaknya bermain atau membaca buku.

3. Ingatkan untuk jangan mengunyah terburu-buru
Penyebab anak susah kenyang juga disebabkan karena ia mengunyah makanan secara cepat sehingga ia tidak menyadari kalau perutnya sudah penuh. Baiknya hindari makan sambil menonton TV atau bermain game. Jika si Kecil masih harus disuapi, Mom perlu perlahan-lahan menyuapinya karena anak membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengunyah.

4. Mom juga harus punya komitmen
Memang cukup sulit dan tidak tega bagi Mom saat harus melarangnya makan ketika ia masih merasa lapar. Tapi, jika Mom membiarkannya untuk makan lagi bisa menjadi kebiasaan buruk dan tidak disiplin bagi si kecil. Apalagi makan yang berlebihan bisa berefek pada kesehatannya. Jadi, Mama bisa memberikan makan saat ia benar-benar merasa lapar bukan karena ia merasa bosan.

5. Bijaklah dalam berikan makan untuk anak
Masa anak yang sedang senang-senangnya mencoba makanan bisa menjadi kesempatan Mom untuk mengenalkannya pada berbagai makanan, rasa, dan tekstur yang beragam. Mom bisa memberikannya makanan yang lebih varian seperti jenis sayuran, ikan, dan makanan lain yang baru ia temui. Bisa jadi ia kan punya makanan favorit yang baru. Bahkan, Mom bisa mengajarinya keterampilan seperti menghitung buah, mengenal warna buah, dan berkebun mudah seperti menanam kecambah. Dengan begini ia akan menikmati pelajaran dengan cara yang menyenangkan.

Yuk, mulai ajarkan cara bijak kepada si kecil bagaimana makan sehat dan sesuai porsinya agar bisa terhindar dari penyakit seperti obesitas. Dengan Mom memberikan asupan yang baik maka si kecil bisa lebih sehat dan pastinya cerdas. Semoga bermanfaat.

(vem/mgg)
KOMENTAR PEMBACA
Kalau Sukses Tebak Nama Boyband Ini, Kamu Sah Jadi Generasi '90-an