Sukses

Parenting

3 Jenis Kulit Bayi Yang Wajib Ibu Ketahui Agar Tahu Perawatan Yang Benar

Sejak lahir dan selama masa pertumbuhan, tak jarang bagi menderita gangguan kulit. Ruam ASI, Ruam popok, iritasi dan kemerahan umum terjadi karena kulit bayi lebih sensitif.

Masalah kulit bayi juga dirasakan kedua anak, dokter Reisa Broto Asmoro. Dirinya mengatakan kedua anaknya memiliki masalah kulit yang berbeda.

"Saya punya pengalaman dengan Ania (anak pertama) waktu bayi ruam asi di wajah. Anak kedua, Yoda, kemerahan, kering, gatal, mengelupas. Begitu diperiksa dia atopik," ujar Reisa dalam konferensi pers kampanya #ApaJenisKulitBayiMu di Jakarta, Rabu (8/8).

Nah, moms kita juga penting untuk mengetahui jenis kulit pada anak agar mendapatkan perawatan yang tepat. Sebab bayi memiliki tiga jenis kulit yang berbeda, moms pun bisa melihat perbedaanya lewat ciri-ciri sebagai berikut:

1. Kulit normal

Cirinya-cirinya lembut, lembap, dan bersih.

2. Kulit kering

Sedangkan kulit kering, memiliki ciri kulit kasar, bersisik, dan terkadang terkelupas.

3. Kulit Atopik

Jenis kulit ini ditandai dengan gatal, sangat kering, terkadang ada bercak merah di pipi atau lipatan.

"Mengenali jenis kulit anak adalah langkah pertama untuk melindungi kulitnya," ucap Reisa.

American Academy of Dermatology mengungkapkan bahwa 1 dari 5 anak berisiko terkena dermatitis atopik. Kendati memang penyebabnya belum jelas, namun faktor keturunan, sistem imun yang rendah dan kelembapan yang rendah bisa menjadi faktor penyebab.

Bayi yang mengalami masalah ini berisiko lebih tinggi terkena asma dan gangguan kardiovaskular saat dewasa. Bahkan, 50-70 % bayi dengan dermatitis atopik berisiko terkena asma selama masa pertumbuhannya.

Bila terdiagnosis atopik seperti yang anak Reisa alami, perawatan bisa menggunakan krim khusus untuk jenis kulit tersebut.

"Pilih yang hypoallergenic, keamanan sudah teruji," tutup Reisa.

(vem/asp)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading