Sukses

Parenting

3 Cara Agar Anak Tidak Takut Diajak Keramas

Salah satu hal skill yang perlu dikuasai ibu dengan anak kecil adalah memandikannya. Mandi merupakan hal yang bisa saja menyenangkan atau justru menjadi tantangan. Karena ada kalanya si kecil susah diajak mandi, apalagi keramas. Ketika keramas, anak biasanya akan merengek dan menangis tak mau.

Lalu bagaimana caranya agar bisa membujuk anak mau keramas? Dilansir dari AHA! Parenting, psikolog dari Columbia University, AS, Laura Markham memberikan saran berikut ini.

Pertama, jika ibu tidak membuat anak semakin takut, maka perkembangannya juga akan baik. Tenangkan anak dengan mengatakan padanya 'tidak apa-apa kok' ketika air menyentuh kepala, karena seringkali anak berpikir air akan menenggelamkannya.

Kedua, beri waktu untuk anak mengenal air dan mengatasi ketakutannya terhadap air. Membiasakan anak untuk bermain di dalam air akan membantunya lebih akrab dengan air sehingga tidak takut keramas.

Tips lainnya dikutip dari buku Mommyclopedia Panduan Lengkap Merawat Batita adalah sebagai berikut.

Tips agar anak tidak takut keramas/copyright Pixabay.com/955169

1. Pilih sampo khusus
Ketika memilih sampo, Moms bisa melibatkan anak untuk memilih bersama. pastikan sampo anak tidak pedih di mata dan mudah dibilas agar anak tidak merasa kalau keramas menghabiskan banyak waktu.

2. Alihkan perhatiannya
Anak bisa diajak bermain dahulu dengan air agar terdistraksi perhatiannya. Pelan-pelan menyiramkan air ke rambutnya sehingga anak tidak kaget. Bisa juga dengan menyanyikan lagu favoritnya dan lain sebagainya.

3. Bujuk dengan boneka
Jika anak punya boneka favorit saat mandi dan berendam, bujuk anak untuk mau mandi dengan boneka-boneka favoritnya. Bisa juga memintanya ikut mengeramasi boneka, sehingga ia pun tertarik keramas.

Tentunya dibutuhkan kesabaran jika anak memang punya trauma terhadap air dan susah diajak keramas. Tapi tips di atas perlu dicoba ya moms.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading