Sukses

Parenting

Tips Atasi Si Kecil yang Suka Berteriak di Tempat Umum

Seringkali anak-anak gemar meluapkan emosinya. Tidak jarang jika melihat anak yang suka berteriak di tempat umum. Mengganggu? Jelas. Dan seringkali hal ini menyebabkan drama orangtua dan anak. Saat berada di tempat umum yang belum pernah mereka datangi, seperti halte bus, supermarket atau bahkan rumah sakit, anak suka sekali berteriak.

Teriakan kencang ini pun ditambah dengan sikap anak-anak yang gemar berlarian. Hmm, jangan anggap hal ini biasa dan lumrah. Jika dibiarkan, hal ini dapat mempengaruhi perkembangan mental anak di masa depan. Bagaimana sih mom, tips membuat anak tenang dan tidak berteriak di tempat umum?

Ada 4 cara untuk mengendalikan anak yang berteriak di tempat umum. Empat langkah saat harus mengontrol sikap anak-anak yang tak terkendali di tempat umum yaitu empat S. Stop, Squat, Shhh, dan Sing.

S pertama adalah sop. Saat anak berteriak tak terkendali, orangtua harus " Stop" melakukan apapun dan fokus pada anak. Perhatikan, apakah anak lapar, mengantuk, kesal atau ada yang terasa sakit. Hal ini untuk mencari tahu penyebabnya.

Kedua, yaitu squat yang berarti berjongkok dan mensejajarkan mata dengan mata anak. Cara ini membuat orangtua lebih fokus pada anak dan anak pun lebih bisa mendengarkan apa yang dikatakan orangtuanya.

Setelah jongkok, lakukan 'SHH' dengan berbisik padanya. Katakan kalau hal yang dilakukannya tidak baik dan ia harus menurunkan level suaranya serta lebih tenang. Hal ini membantu untuk memberikan sinyal kepada anak, bahwa yang dia lakukan adalah salah dan mengganggu orang lain. Cara ini dapat membantu anak untuk lebih tenang.

Sedangkan s yang terakhir adalah singing, yaitu mengajak si kecil untuk bernyanyi bersama. Cari aktivitas yang juga menyibukkan dirinya agar sikapnya lebih terkendali. Saat dia mulai tenang, mom dapat mengendalikan dan memintanya untuk lebih tanang.

Membantu anak untuk tetap tenang sangat penting. Pastikan si kecil tetap tenang ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading