Sukses

Parenting

Jangan Ragu! Yuk Ajarkan Piano Pada Anak Sejak Dini!

Musik merupakan salah satu hal yang penting untuk perkembangan anak. Karena itu jangan ragu untuk mengajarkan musik pada anak sejak dini. Ada banyak pilihan alat musik. Salah satu yang paling banyak diajarkan pada si kecil sejak dini adalah piano.

Bermain piano nyatanya memiliki manfaat lain untuk membangun keterampilan bahasa mereka. "Ada bukti bahwa paparan awal terhadap praktik piano meningkatkan pemrosesan suara tidak hanya dari musik, tetapi juga ke dalam bahasa," kata John Gabrieli, peneliti dari Massachusetts Institute of Technology.

Penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa pelajaran piano akan membantu anak-anak meningkatkan keterampilan pemrosesan bahasa mereka. Saat belajar piano, telinga anak akan dilatih untuk membedakan nada di piano. Akhirnya, anak akan jadi lebih baik dalam menguraikan elemen kunci dari penguasaan bahasa.

Selama 6 bulan penelitian, hasil menunjukkan bahwa anak yang bermain piano tampil lebih prima dan unggul dari segi kecerdasannya. Dibandingkan dengan rekan mereka di kelompok lain, mereka yang ikut kelas piano secara signifikan lebih baik dalam membedakan kata-kata yang diucapkan seseorang.

Les piano untuk anak dapat mulai dilakukan sejak kecil. Hal tersebut penting sebagai untuk membantu anak mencari jati dirinya. Sebaiknya sejak usia 2-3 tahun, anak sudah mulai dikenalkan pada musik. Ini untuk menarik sensorik anak untuk mengenal nada tinggi dan rendah. Untuk mengenal not balok dan membaca nada sebaiknya dilakukan di usia 6-7 tahun.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading