1. VEMALE
  2. /
  3. BALITA

5 Persiapan Anak Berenang Untuk Pertama Kalinya

Rabu, 11 Juli 2018 07:00 Penulis: wri
(c) Shutterstock

Vemale.com - Bukan hanya jadi hobi yang menyehatkan tubuh, berenang termasuk aktivitas yang disukai anak-anak. Menariknya, hingga umur 4 bulan, bayi masih memiliki refleks menyelam karena sudah terbiasa berada di dalam air ketuban selama 9 bulan lamanya.

Namun, seiring pertambahan usia, kemampuan ini justru menghilang dan anak harus belajar untuk bisa berenang. Untuk sesi yang seru dan tentunya aman, lakukan 5 persiapan untuk mengajak anak berenang pertama kalinya.

Pilih Kolam yang Tepat

Hal pertama yang wajib dipertimbangkan dalam memilih kolam renang yang tepat adalah suhu airnya. Terlalu dingin membuat anak, terutama balita, rentan merasa kurang nyaman bahkan terancam mengalami hipotermia.

Sebaiknya, pastikan kolam telah memiliki suhu air yang cukup hangat, sehingga anak tidak merasa terlalu kaget saat menjajal berenang. Tapi jika kesulitan menemukan kolam yang hangat, pertimbangkan membeli pakaian renang tertutup, yang dapat menjauhkan anak dari menggigil kedinginan.

Pastikan Membawa Peralatan yang Dibutuhkan

Mengajak anak untuk berenang, terutama pertama kalinya, memang cukup tricky, Ladies. Jangan sampai ada perlengkapan yang terlupakan atau sebaliknya terlalu banyak barang bawaan, yang bikin orangtua merasa repot dan kewalahan. Jika si kecil masih menggunakan popok, pilih popok renang sekali pakai atau dikombinasikan dengan popok neoprene yang mencegahnya menjadi bocor.

Selain itu bawa serta handuk, sandal karet, handuk, hingga perlengkapan berenang seperti baju, ban lengan, dan pelampung. Jangan lupa untuk membawa kacamata, khususnya kacamata renang minus bagi anak yang memiliki kesulitan untuk memfokuskan penglihatan. Tidak lupa juga lengkapi bawaanmu dengan makanan dan minuman ringan untuk mengembalikan tenaga anak yang terkuras.

Libatkan Anak Memilih Baju Renang

Sebelum membawa anak-anak ke kolam renang, ganti pakaiannya dengan baju renang yang dapat memberikan kenyamanan dan mudah bergerak. Untuk memompa semangatnya untuk belajar berenang, tidak ada salahnya melibatkan anak untuk memilih model baju renang anak sendiri. Ladies cukup memberikan saran model pakaian renang maupun bahan yang dipilih saat berbelanja baik lewat online shopping Indonesia atau mendatangi toko perlengkapan olahraga.

Biasakan dengan Air

Tidak sedikit anak yang merasa kurang nyaman bahkan trauma sampai tidak ingin kembali ke kolam renang. Biasanya hal ini disebabkan suhu air yang cukup dingin dan memicu rasa kaget, Selain itu, pengalaman baru saat menjajal kolam renang bisa jadi penyebab anak malas diajak berenang kembali.

Bantu mereka untuk terbiasa berada di air, salah satunya dengan berbagai aktivitas seru saat mandi. Temani dengan menyanyikan lagu favoritnya dan berikan mainan mengambang yang akan membuat anak lama-lama terbiasa dengan suhu air atau saat terkena percikan ke wajah.

Pelajari Dasar-Dasarnya

Selain menyewa instruktur berenang, Ladies bisa mengajari anak untuk berenang, asal memiliki kemampuan yang cukup baik. Awali dengan mengajak anak bermain di pinggir kolam dan mulai mengajarkannya teknik mengapung dan berenang. Lakukan dengan sabar dan jaga agar mood anak tetap happy.

Serunya berenang bukan hanya membawa banyak manfaat kesehatan, tapi juga mampu meningkatkan kedekatan orangtua-anak. Biar jadi momen tak terlupakan, jangan lupa melakukan persiapan sebaik mungkin dengan #MulaiAjaDulu dari Tokopedia. Yuk, ajak anak berenang sekarang juga!

(adv/wri)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Advertorial
Citra Scholastika Ditantang Tirukan Ghea, Marion & Jodie