Sukses

Parenting

Cara Menggendong Boneka Bisa Prediksi Kecerdasan Anak Lho, Cek Yuk!

Anak kecil, baik perempuan maupun laki-laki biasanya memiliki boneka teddy bear yang biasa ia bawa dan sayangi. Moms, tahukah kamu bahwa ternyata kecerdasan anak bisa dilihat atau diprediksi dari caranya memperlakukan boneka?

Dilansir dari Dailymail, Jumat (29/6/2018), sebuah penelitian yang dilakukan di London, menemukan bahwa anak-anak yang suka menggendong bonekanya di lengan kiri memiliki kemampuan kognitif dan keterampilan sosial yang sangat baik.

Anak-anak bahkan sudah bisa membentuk persepsi tentang wajah hanya dengan mengenali tiga titik sebagai wajah sehingga bisa melihat adanya perlakukan berbeda antara boneka dengan bantal biasa.

Percobaan dilakukan pada hampir 100 anak berusia empat atau lima tahun. Ketika anak-anak diberi bantal kosong, mereka tidak menggendongnya seperti bayi. Namun ketika tiga titik digambar di atas bantal, mereka melihatnya sebagai wajah dan membuat gerakan seperti menggendong bayi.

Penulis penelitian, Dr Gilliam Forrester, menjelaskan bahwa, "Fenomena ini, yang dikenal sebagai `bias pengasuhan kiri,` tidak hanya hadir pada manusia, namun menyebar di seluruh kerajaan hewan dan ditemukan pada spesies yang berbeda seperti gorila dan rubah terbang."

Kecerdasan anak bisa dilihat dari caranya menggendong boneka/copyright Pixabay.com/Pezibear

Umumnya tangan kiri menjadi pilihan paling umum saat seseorang menggendong bayi. Anak-anak yang menggendong boneka di sebelah kiri, memberi mereka posisi optimal untuk memahami mimik wajah dibandingkan anak-anak yang menggendong dengan tangan kanan. Anak-anak itu lebih baik dalam menyelesaikan serangkaian tes mental dan sosial yang diberikan oleh para peneliti.

Anak-anak yang memegang boneka di sebelah kiri juga cenderung mengikuti instruksi dengan lebih baik dan memiliki keinginan yang lebih tinggi untuk melakukan apa yang diperintahkan, menunjukkan bahwa keterampilan sosial mereka lebih baik.

"Apa yang disebut 'bias pengasuhan kiri' ini hadir di awal perkembangan dan kamu tidak perlu memiliki pengalaman memegang bayi untuk mengekspresikan preferensi ini," jelas Dr. Forrester.

Jadi, coba deh mulai sekarang perhatikan anak lebih suka menggendong bonekanya di tangan kiri atau kanan, karena bisa jadi itu adalah gambaran potensi kecerdasan emosionalnya nanti di masa depan, Moms.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading