Sukses

Parenting

Mitos atau Fakta? Menggunting Bulu Mata Bayi Dapat Membuatnya Lebih Lentik

Mom, memiliki bayi yang bulu matanya panjang dan lentik adalah idaman setiap ibu. Tidak heran jika banyak ibu berusaha membuat bulu mata si kecil menjadi lentik. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan menggunting bulu mata si kecil, dengan harapan bulu matanya dapat tumbuh lebih panjang dan lentik.

Faktanya, menggunting bulu mata bayi agar lentik hanyalah mitos. Begitu juga dengan kebiasaan mom mengoles alis bayi dengan air ludah dengan harapan alis lebih tebal tidaklah benar. Justru mengoleskan air ludah pada alis bayi dapat menyebabkan alis bayi rontok karena paparan kuman yang menempel.

Dr. Natalie Epton, dokter spesialis anak dan ahli neonatologi dari International Paediatric Clinic, Singapura menjelaskan bahwa yang mempengaruhi lentik atau tidaknya bulu mata adalah nutrisi yang dikonsumsi bayi dan faktor keturunan.

Nah, selain hanya mitos dan tidak terbukti kebenarannya ternyata menggunting bulu mata bayi berbahaya bagi si kecil. Saat mom menggunting bulu mata si kecil terlalu pendek dapat menyebabkan bulu mata si kecil tidak dapat berfungsi dengan baik. Seperti yang diketahui, bulu mata berfungsi sebagai pelindung mata dari masuknya benda asing yang membahayakan kesehatan mata.

Meskipun bulu mata yang digunting dapat tumbuh kembali, namun panjangnya tidak akan sama. Hal ini merupakan siklus alami dari pertumbuhan bulu mata. Jadi ada baiknya mom menghindarinya. Tidak perlu risau ketika ada yang menyarankan untuk menggunting bulu mata si kecil agar lebih lentik karena hal tersebut hanya mitos.

Nah, mom mulai sekarang tidak perlu lagi menggunting bulu mata bayi demi mendapat bulu mata yang lentik. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading