Sukses

Parenting

Jangan Asal Pilih! Ini Essential Oil Yang Aman Bagi Anak-Anak Sesuai Usia

Essential oil memang dikenal bermanfaat untuk menenangkan diri. Selain orang dewasa, ternyata essential oil juga sangat baik untuk anak-anak.

Menurut Co-Founder of Organic Supply Co, Amanda Tcherina, Essential oil bermanfaat untuk anak-anak karena dapat membantu bayi dan anak-anak tidur nyenyak, mengurangi alergi dan gatal-gatal, serta membantu meredakan penyakit yang sering muncul.

Namun, dalam penggunaan essential oil untuk bayi dan anak-anak harus hati-hati karena mereka masih dalam usia pertumbuhan. Amanda mengatakan sebaiknya gunakana essential oil floral karena lebih aman dan tanpa bahan pengawet tambahan.

Sebab, pada dasarnya, apa yang kita aplikasikan pada kulit turut diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya semua essential oils yang digunakan pada anak-anak haruslah organik. Dengan begitu, zat yang masuk kedalam tubuh sudah pasti bebas pestisida dan bahan berbahaya lainnya.

“Rekomendasi paling aman essential oils seperti lavender, paper mint, kayu manis, citrus, ginger, lemon. Kamu bisa menggunakan essential oil jika diteteskan kepada AC,” paparnya ketika ditemui dalam acara Aqua Japan, di Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Selain itu, dilansir dari Organicsupply.co berikut daftar essential oils yang aman digunakan serta perlu dihindari untuk bayi dan anak-anak berdasarkan usia.

3 - 6 bulan

ESSENTIAL OILS YANG AMAN

German Chamomile, Roman Chamomile, Geranium, Lavender, Tea Tree.

ESSENTIAL OILS YANG DIHINDARI

Anise, Basil, Birch, Cajuput, Cardamom, Cinnamon Bark, Clove Bud, Eucalyptus, Fennel, Hyssop, Laurel Leaf, Lemon Leaf, Lemon Leaf, Lemongrass, Marjoram (Spanyol), Niaouli, Peppermint, Myrtle, Oregano, Rosemary, Sage, Wintergreen, Ylang Ylang.

7 bulan - 2 tahun

ESSENTIAL OILS YANG AMAN

Essential Oil yang telah disebutkan diatas, ditambah Frankincense, Sweet Orange, Ravensara, Thyme Linalool, Cedarwood Atlas.

ESSENTIAL OILS YANG DIHINDARI

Anise, Basil, Birch, Cajuput, Cardamom, Cinnamon Bark, Clove Bud, Eucalyptus, Fennel, Hyssop, Laurel Leaf, Lemon Leaf, Lemon Leaf, Lemongrass, Marjoram (Spanyol), Niaouli, Peppermint, Myrtle, Oregano, Rosemary, Sage, Wintergreen, Ylang Ylang

2-5 Tahun

ESSENTIAL OILS YANG AMAN

Essential Oil yang telah disebutkan diatas, ditambah Bergamot BF, Black Pepper, Carrot Seed, Citronella, Clary Sage, Cypress, Ginger, Juniper Berry, Helichrysum, Hyssop, Lemon, Lemongrass, Myrrh, Patchouli, Spearmint, Sweet Basil, Sweet Marjoram, Ylang Ylang, Eucalyptus (Max 1%), Peppermint (Max 0.5%), Sandalwood, Grapefruit

ESSENTIAL OILS YANG DIHINDARI

Anise, Cajuput, Cardamom, Fennel, Lemongrass, Rosemary, Sage, Wintergreen

6-8 Tahun

ESSENTIAL OILS YANG AMAN

Essential Oil yang telah disebutkan diatas, ditambah Cajeput, Cardamom, Eucalyptus, Fennel, Laurel Leaf, Lemon Leaf, Myrtle, Niaoli, Peppermint (Max 1%), Oregano, Sage, Rosemary, Tangerine, Ylang Ylang

ESSENTIAL OILS YANG DIHINDARI

Birch, Wintergreen

(vem/asp)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading