1. VEMALE
  2. /
  3. BALITA

Anak Susah Makan, Ini 4 Cara Menaikkan Berat Badan Anak

Selasa, 15 Mei 2018 15:30 Penulis: Febi Anindyakirana
Cara menaikkan berat badan anak/copyright Pixabay.com/StockSnap

Vemale.com - Punya masalah membuat anak mau makan? Sepertinya ini masalah banyak ibu-ibu untuk membuat anaknya yang sulit makan mau makan. Masalahnya, bukan hanya anak akan jadi kurus, tapi juga kurang gizi. Kesehatan yang menurun akan menjadi efek yang tidak diinginkan para orangtua.

Lalu bagaimana caranya agar anak mau makan dan bisa menaikkan berat badan? Menurut dr. Ratih Puspita SpA dari Klikdokter.com, ini yang bisa kamu lakukan, Moms.

1. Asupan kalori cukup

Jumlah asupan makanan harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori anak. Berat badan anak akan naik jika kalori yang masuk ke tubuh lebih besar dibanding jumlah kalori yang dikeluarkan.

Untuk anak berusia 1-3 tahun, kebutuhan kalorinya adalah sekitar 100 kkal/kg berat badan ideal. Sedangkan untuk anak berusia 4-6 tahun, kebutuhannya adalah sekitar 90 kkal/kg berat badan ideal.

Ketika anak mau makan, pastikan makanan yang ia konsumsi memiliki kalori tinggi. Tidak masalah meskipun yang mau dimakan anak adalah makanan tidak begitu bergizi seperti nugget dan sosis, yang paling penting anak mau makan dulu. Untuk ke depan bisa mengolah nugget sendiri dari daging dan sayuran agar lebih sehat.

Cara menaikkan berat badan anak/copyright Pixabay.com/avitalchn

2. Menu makanan bervariasi

Pastikan menu makanan yang bisa Mom tawarkan pada anak bervariasi. Diet yang dianjurkan untuk anak adalah diet bergizi seimbang. Artinya, mengandung semua makronutrien maupun mikronutrien yang dibutuhkan anak. Tapi jika anak tidak bisa dipaksa makan berbagai macam sayur, olah saja satu jenis sayur favoritnya jadi berbagai menu.

3. Memberikan makanan yang tepat

Jumlah kalori yang dikonsumsi anak seringkali sulit tercapai karena anak sulit makan. Untuk mengatasinya, Moms bisa mengajaknya makan bersama, menyajikan makanan dalam bentuk yang menarik, atau memberikan menu bervariasi.

Beri contoh baik dengan makan makanan yang baik. Satu hal penting lagi untuk diterapkan adalah jadwal makan, ajarkan anak untuk mengenal rasa lapar. Tentukan jam-jam makan tertentu agar anak merasa butuh untuk makan.

4. Cukup tidur

Tubuh anak yang beraktivitas banyak pasti akan lelah. Agar anak tidak mengalami penurunan berat badan drastis, ajak anak tidur. Istirahat yang cukup akan membuat anak cepat lapar setelah bangun tidur. Tidur siang sangat dianjurkan, bahkan wajib untuk balita dan tidur malam minimal 8 jam sehari.

Jadi, coba cara-cara di atas ya Moms agar berat badan anak bisa bertambah dan tidak bikin khawatir lagi.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
#AccousticInterview Tara Cherrino - Libur Telah Tiba