Sukses

Parenting

Trik Membuat Si Kecil Lupa Waktu Menunggu Buka Puasa

Puasa menjadi waktu yang ditunggu bagi sebagian besar umat Islam. Selain bisa mendekatkan diri dengan Sang Pencipta, hadirnya Ramadan juga menjadi momen yang dinantikan, terutama bagi si kecil yang baru pertama kali menjalankannya. Kendati puasa ini diwajibkan bagi Muslim dewasa, tetapi tak sedikit orangtua yang mengajarkannya lebih dini untuk buah hatinya.

Hanya untuk mengajak anak berpuasa, perlu kesabaran ekstra. Lebih-lebih saat si kecil merasa bosan dan nyaris menyerah menunggu waktu buka puasa. Nah, untuk menyiasati hal itu, beberapa trik menarik berikut cukup efektif mengalihkan si kecil agar lupa waktu menunggu buka puasa.

Mengajak Dia Masak Bareng

Supaya si kecil lebih semangat, ajak dia menyiapkan hidangan berbuka puasa bersama. Mulai dari hidangan pembuka, menu utama, hingga sajian penutup. Bahkan, jika bisa tanyakan menu apa yang ingin disantapnya saat buka nanti. Kemudian, bantu dengan menyiapkan bahan serta menyajikannya. Selain menyenangkan, cara tersebut cukup ampuh untuk mengalihkan si kecil agar lupa waktu menunggu buka puasa.

Mengajak Anak Bersedekah

Di bulan Ramadan, sedekah atau kegiatan beramal amat dianjurkan. Maka tak ada salahnya mengajak buah hati bersedekah, seperti pergi ke panti asuhan atau mengantarkan takjil di masjid untuk kegiatan buka bersama. Selain menyenangkan, kegiatan tersebut juga mengasah jiwa sosial anak, di samping mengalihkannya agar lupa waktu menunggu buka puasa.

Membacakan Buku Cerita Anak

Apabila menu berbuka puasa sudah siap, dan tak ada kegiatan penting yang berkaitan dengan pekerjaan rumah, cobalah untuk menemani si kecil. Berikan family time untuknya. Salah satunya dengan membacakan buku cerita anak yang difavoritkannya.

Namun, apabila buku cerita anak di rumah sedang tak banyak dan masih berisi buku-buku stok lama, jangan berkecil hati. Tetap buat waktu menunggu berbuka menyenangkan dengan melihat toko buku online bersama si kecil. #MulaiAjaDulu dari Tokopedia, arahkan situs jual beli online, agar si kecil bisa menemukan buku favoritnya.

Dengan beberapa trik tersebut, si kecil dapat mengisi waktu luangnya menunggu berbuka puasa dengan lebih bermanfaat. Bukan saja, bisa mengalihkannya agar lupa waktu menunggu buka puasa. Lebih dari itu, ia juga dapat menjadi anak yang lebih kreatif juga pintar dengan kegiatan menyenangkan selama Ramadan.

(vem/zki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading