Sukses

Parenting

Tips Aman Bermain di Playground untuk Anak, Perhatikan Ya Mom

Mom, kejadian penendangan anak di area playground, di sebuah mall, di Jakarta (25/4) kemarin sangat disayangkan. Hal ini terjadi karena kurangnya pengawasan orangtua kepada anak saat bermain di area playground. Meskipun area playground terlihat menyenangkan bagi anak-anak, bukan tidak berarti tidak berbahaya baginya.

Baca Juga: Seorang Ayah Menendang Anak Orang dari Ayunan, Kisahnya Viral

Seperti yang dikutip dari US News, menyatakan di Amerika Serikat menunjukkan dalam satu tahun sekitar 200 ribu anak masuk ke ICU karena kecelakaan di playground dan 20 di antaranya meninggal. Fakta lainnya menunjukkan 79 persen kecelakaan pada anak yang terjadi di playground berupa jatuh dari ketinggian.

Well, dengan data tersebut seharusnya sebagai orangtua lebih waspada saat mengajak anak bermain di area playground. Mom, berikut ini adalah tips aman bermain di playground baik di mall maupun taman terbuka.

  1. Jangan pernah meninggalkan anak tanpa pengawasan. Pastikan mom atau dad selalu mengawasi anak saat bermain.
  2. Pastikan anak memilih mainan sesuai dengan umurnya. Amati bahaya yang bisa berisiko pada anak.
  3. Pilih lokasi playground yang memiliki permukaan yang bersih dan empuk, misalnya memiliki alas karpet dan pasir yang lembut.
  4. Pastikan anak memakai pakaian yang aman untuknya dan nyaman digunakan untuk bermain.
  5. Beri pengertian anak agar tidak mencelakai teman sepermainannya, seperti mendorong atau bermain yang membahayakan temannya.
  6. Sebaiknya simpan handphone mom dan lebih fokus untuk mengawasi anak.
  7. Selalu katakan pada anak agar tidak menerima pemberian makanan dari orang asing.
  8. Jika memang anak terlibat perkelahian, cobalah untuk bersikap tenang jangan ikut terbawa emosi.

Mom, memastikan anak tetap nyaman dan aman di mana pun ia berada memang penting. Jadi, selamat bersenang-senang bersama si kecil. Nah, kalau mom ada tips khusus saat berkunjung di playground? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading