Sukses

Parenting

Mom, Ini Lho 6 Alasan Kenapa si Kecil Susah Makan

Mendapati buah hati susah makan adalah masalah yang cukup membuat orangtua terutama mom merasa sedih. Tak hanya sedih, tidak jarang orangtua juga dibuat pusing karena takut buah hati sakit dan kesehatannya terganggu akibat susah makan. Kalau mom, pernah mendapati buah hati susah makan juga?

Kenapa buah hati susah makan? Apakah masakan yang mom masak kurang enak? Atau, apakah buah hati sedang sakit hingga nafsu makannya berkurang? Mengenai alasan buah hati susah makan, dilansir dari laman boldsky.com, ada beberapa alasan kenapa buah hati susah makan. Alasan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Cacing Usus

Mom mungkin tidak pernah menyadari bahwa buah hati menderita cacing usus sehingga membuatnya susah makan. Tak hanya susah makan, cacing usus juga sering kali mengakibatkan sistem pencernaan buah hati bermasalah. Beberapa penyakit seperti disentri, pembengkakan, pendarahan usus dan hilangnya nafsu makan menjadi tanda dari cacing usus. Biasanya, anak yang menderita cacing usus juga ditandai dengan tubuh kurus dan lemah meski sudah makan banyak dan minum berbagai vitamin.

Anemia

Alasan selanjutnya kenapa buah hati susah makan adalah menderita anemia. Tak hanya susah makan, buah hati yang menderita anemia juga memiliki semangat yang kurang, lemah, letih hingga mudah sakit.

Konstipasi

Konstipasi menjadi salah satu alasan utama hilangnya nafsu makan pada si kecil. Konstipasi umumnya membuat sistem pencernaan tidak bekerja dengan baik sehingga nafsu makan berkurang secara perlahan. Konstipasi juga membuat buah hati memilih-milih makanan yang hendak mereka makan.

Stres/Depresi

Perlu orangtua tahu bahwa buah hati juga rentan terhadap masalah stres/depresi. Ketika anak-anak mengalami stres ini, ini akan berpengaruh besar terhadap nafsu makannya. Ini juga berpengaruh besar pada tumbuh kembangnya baik tumbuh kembang fisik maupun psikis.

Terlalu Banyak Makanan

Banyaknya makanan yang bisa menjadi pilihannya saat makan juga bisa membuat nafsu makan anak menurun. Semakin banyak makanan yang dihidangkan untuknya, semakin menurun nafsu makannya. Untuk itu, penting bagi orangtua untuk lebih bijak memilihkan makanan pada anak. Hindari memberi varian makanan yang terlalu banyak di satu waktu. Pilihan makanan yang terlalu banyak akan membuat anak merasa bosan dengan makanan yang hendak dimakan. Memberi makanan yang sama setiap hari juga akan membuat anak bosan dan susah makan.

Alergi Makanan

Karena alergi terhadap beberapa jenis makanan, ini bisa membuat anak susah makan. Pernah mengalami alergi atau trauma terhadap makanan tertentu juga bisa membuat anak susah makan.

Mom, itulah sedikitnya 6 alasan kenapa anak atau si kecil susah makan. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika si kecil mulai susah makan, usahakan agar lebih sabar dan meyakinkan ia bahwa makan adalah aktivitas yang penting dilakukan. Beri si kecil nutrisi atau vitamin yang membuat nafsu makan mereka meningkat. Usahakan pula agar membuat acara makan jadi acara menyenangkan sehingga si kecil nyaman dan tidak mengalami trauma dengan acara makannya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading