Sukses

Parenting

Jangan Remehkan, 4 Hal Ini Bakal Sebabkan Konstipasi Pada Anak

Konstipasi termasuk salah satu gangguan pencernaan yang sering menyerang banyak orang. Tak cuma orang dewasa, anak kecil juga bisa mengalaminya. Kamu pasti akan cemas bila dalam beberapa hari si kecil tidak buang air besar. Hal ini merupakan pertanda si kecil terserang konstipasi.

Kamu bisa bernafas lega jika konstipasi tidak berlangsung lebih dari dua minggu. Tapi jika ini sudah berlangsung hingga lebih dari dua minggu, ladies harus segera membawa si kecil ke dokter. Selain itu, anak dikategorikan terkena konstipasi bila fesesnya keras dan kering. Konstipasi biasanya juga diikuti dengan perut yang melilit dan darah pada feses anak.

Konstipasi biasanya disebabkan oleh empat hal berikut:

  1. Yang pertama adalah salah pola makan. Anak yang mengkonsumsi terlalu banyak gula dan makanan kurang serat beresiko tinggi mengalami konstipasi. Kurangnya jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh juga dapat menyebabkan konstipasi.
  2. Ini mungkin terdengar sepele, namun menahan buang air besar juga bisa jadi penyebab konstipasi lho.
  3. Pergi rekreasi maupun aktivitas lain yang membuatnya jauh dari toilet rumah memungkinkan si kecil tidak mau pergi ke toilet.
  4. Anak yang kurang olahraga juga berpotensi mengalami konstipasi. Olahraga sangat bermanfaat untuk mendorong makanan masuk ke dalam proses pencernaan anak.


Nah Ladies, semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading