Sukses

Parenting

Clodi, Popok Kain yang Jauh Lebih Hemat dan Ngga Bikin Bayi Ruam

Moms akhir-akhir ini sering mendengar istilah Clodi ngga? Clodi merupakan singkatan dari cloth diaper alias popok kain. Popok ini dilengkapi lapisan penyerap ompol. Lapisan dalamnya, bagian antarmuka dengan kulit bayi, yang relatif kering. Adapun luarnya dilapisi bahan polimer yang tak tembus air, sehingga popok tak bocor.

Lapisan penyerap ompol terbuat dari beragam material dengan kemampuan serap tinggi seperti mikrofiber, bambu, wool, serta kayu hemp. Clodi mulai populer karena sangat hemat, tidak membuat bayi ruam, dan tak merusak lingkungan.

Dilansir dari tirto.id, clodi memang agak mahal di awal pembelian. Namun, investasi itu berbuah manis karena clodi bisa digunakan berkali-kali bahkan hingga anak berikutnya.

“Dulu, sehari bisa 5-6 kali ganti diaper untuk uenghindari kulitnya merah-merah, takut iritasi,” kata Loka seperti dikutip dari artikel berjudul Clodi, Pengganti Diaper yang Boros dan Membahayakan Lingkungan. Hal itu membuat pengeluaran rumah tangganya cukup tinggi. Maka, ketika ia menggunakan clodi, selain bisa mengatasi ruam, Loka pun bisa lebih berhemat.

Saat bayinya memakai diaper, diselingi pemakaian popok kain, ia bisa mengeluarkan uang hingga Rp155 ribu per bulan hanya untuk biaya diaper. Dengan memakai clodi, ia cukup mengeluarkan kocek Rp70 ribu per clodi. Kini, total Loka memiliki dua lusin clodi yang dipakainya hingga anak kedua.

“Tak ada kesulitan yang berarti ketika pindah clodi, cuma agak gempor nyuci. Tapi enggak apa-apa, karena anakku bener-bener enggak bisa pakai diaper sedikit pun,” kata Loka.

Jika dihitung, bayi umur 0-1 bulan membutuhkan diaper sebanyak 10-12 buah per hari. Total diaper yang digunakan satu bulan pertama bisa mencapai 320-360 buah. Lalu, pada umur 1-5 bulan, bayi butuh diaper 8-10 buah, maka total diaper per bulannya mencapai 240-300 buah. Kebutuhan ini sedikit menurun ketika bayi berusia 5-12 bulan, yakni diaper 8 buah per hari, berarti 240 per bulan. Total biaya selama setahun untuk membeli diaper seharga Rp30 ribu per 22 buah adalah Rp4,5 juta.

Ilustrasi/Pixabay

Sementara itu, jika memakai clodi, dengan asumsi ganti popok per empat jam sekali, maka dalam sehari bayi hanya membutuhkan 8 buah clodi. Supaya ada cadangan saat clodi dijemur, setidaknya orangtua perlu mempunyai persediaan clodi untuk dua hari. Dengan clodi seharga Rp70 ribu, para ibu hanya perlu mengeluarkan Rp1.120.000 untuk pemakaian berulang kali.

Namun, dengan memilih clodi, para ibu harus menerima konsekuensi lain, yakni cucian yang semakin menumpuk. Kerepotan pun semakin menjadi seiring bertambahnya usia anak karena feses yang dikeluarkan kian padat. Alhasil, butuh tenaga ekstra untuk mencuci clodi-clodi mereka.

Tapi ingatlah bahwa pemakaian popok paling hanya bertahan hingga anak berusia 1,5 - 2 tahun. Di usia tersebut dia sudah bisa mengutarakan keinginan untuk Buang Air Kecil/Buang Air Besar sehingga mengurangi pemakaian popok yang ada.

Well, bagaimana? Apakah dengan pemaparan ini kamu sudah siap menggunakan clodi sebagai opsi terbaru?

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading