Sukses

Parenting

5 Hal yang Sebaiknya Mom Lakukan Saat Menghadapi Si Picky Eater

Sebagai seorang ibu, tentu mom ingin memberikan yang terbaik untuk anak salah satunya adalah dengan memaksimalkan asupan nutrisi pada anak. Sayangnya, tidak semua anak nutrisinya terpenuhi. Bukan karena tidak ingin, seringkali mom harus berhadapan dengan anak yang suka memilih makanan alias picky eater. Hmm, serba salah ya mom?

Nah, daripada bingung berikut ini adalah hal yang seharusnya mom lakukan saat menghadapi si picky eater. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Jadikan Waktu Makan adalah Momen Menyenangkan

Makan adalah waktu yang menyenangkan/Copyright Shutterstock

Agar si picky eater merasa nyaman jangan lupa untuk membuat acara makan menjadi hal yang menyenangkan. Biasakan untuk makan bersama di meja makan. Jadikan waktu makan adalah momen menyenangkan bersama keluarga dan biarkan si kecil merasa nyaman dengan suasana tersebut.

Beri Contoh Alih-Alih Memerintah

Berhenti memerintahkan si kecil untuk makan buah dan sayur. Mulailah dengan memberikan contoh untuk makan buah dan sayur tanpa menyisihkannya. Sayuran dan buah yang mom makan akan membuat si kecil tertarik untuk mencobanya.

Menu yang Berbeda Setiap Hari

Siapkan menu yang berbeda setiap harinya. Selalu ubah cara memasaknya, bisa mom goreng, rebus maupun kukus. Cara memasak yang berbeda membuat si kecil akan semangat untuk mengonsumsinya.

Si Kecil Menolak? Coba Tawarkan Lagi

Jangan menyerah dengan tolakan si kecil saat ia menolak makanan yang mom siapkan. Cobalah untuk konsisten menawarkan makanan yang sama kepada si kecil, mungkin mom akan membutuhkan usaha lebih keras. Tapi jangan menyerah ya mom.
Untuk menyiasatinya mom dapat menawarkan makanan ini bersama dengan makanan favoritnya.

Tunggu Si Kecil Benar-Benar Lapar Sebelum Makan

Pastikan si kecil makan dalam keadaan lapar, hal ini dapat membantu meningkatkan nafsu makannya sehingga tidak akan menolak makanan yang mungkin tidak disukainya. Dan sebaiknya hindari memberikan camilan olahan. Sebaiknya berikan buah sebagai camilan sehatnya.

Mom, demikian 5 cara untuk menghadapi si picky eater. Well, ada ide yang berbeda? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading