KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. BALITA

Mom, Ini Lho Manfaat Memijat Buah Hati di Bawah Usia 2 Tahun

Selasa, 14 November 2017 14:15 Penulis: Anisha Saktian Putri
copyright YouTube.com/WeledaUK

Vemale.com - Moms, bukan hanya lewat makanan saja anak dapat berkembang dengan baik. Pada anak usia bawah dua tahun (baduta) sangat dibutuhkan stimulasi untuk tercapainya tumbuh kembang yang optimal.

Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional: Dr. dr. Ina Rosalina Dadan, Sp.A(K), M.Kes, M.H.Kes, mengatakan salah satu stimulasi yang baik ialah lewat pijatan. Jadi, moms bisa melakukan pemijatan pada si kecil.

"Lewat pijatan akan ada stimulasi sentuh, gerak, urut, pendengaran, penglihatan, dengan mengutamakan rasa aman, nyaman, menunjukkan perhatikan dan kasih sayang sehingga perkembangan menjadi lebih optimal," ujarnya saat ditemui di Kementrian Kesehatan, Jakarta.

Dr. Ina pun menyampaikan ada segudang manfaat yang dirasakan si kecil ketika moms memijatnya, seperti mendapat perhatian dan stimulasi multi sensor, membantu relaksasi, membuat si kecil tidur lebih lelap, menurunkan hormon stres, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu pengaturan pencernaan, meningkatkan berat badan, mendapatkan perhatian dan stimulasi multi sensor.

Selebihnya, manfaat pijatan tidak hanya dirasakan oleh si kecil. Pijatan yang diberikan juga berpengaruh pada orangtua. Dr. Ina mengatakan manfaat bagi orangtua seperti mempererat ikatan atau bonding, membantu orangtua mengetahui isyarat (non verbal) anak, lebih meningkatkan komunikasi dengan anak, bahkan membantu meredakan stres serta meningkatkan produksi ASI (Air Susu Ibu).

"Saat memijatnya bisa sambil mengajak buah hati bicara, hindari main smartphone ketika memijat. Dengan begitu, komunikasi selalu terjaga," tutup Dr. Ina.

Mengingat ada begitu banyak manfaat memijat buah hati, jangan lewatkan untuk memberikan pijatan yang lembut pada buah hati ya mom. Tapi ingat, selalu hati-hati dan penuh kelembutan saat memberi pijatan.


(vem/asp/mim)
KOMENTAR PEMBACA