Sukses

Parenting

Dukung Sinergi Akal, Fisik, dan Sosial untuk Perkembangan Si Kecil Yuk!

Si Kecil tampak begitu cepat menguasai bidang seni dan musik, tapi temannya yang lain lebih menaruh minat pada bidang matematika. Tiap anak memang menunjukkan minat dan bakatnya masing-masing. Meski demikian, sebenarnya setiap anak dibekali dengan delapan jenis kepintaran yang terbagi atas tiga kategori, yaitu kepintaran akal, fisik, dan sosial.

Ketiga jenis kepintaran ini perlu disinergikan untuk mendukung masa tumbuh kembang mereka yang lebih optimal. Bagaimana caranya? Cari tahu di sini yuk, Mam!

Mengenali Kepintaran Akal, Fisik, dan Sosial

Delapan kepintaran yang dimiliki si Kecil terbagi atas kepintaran akal, fisik, dan sosial. Kepintaran akal seringnya dikaitkan dengan kemampuan kognitif si Kecil, yang terdiri atas music smart, number smart, word smart dan picture smart.

Empat jenis kepintaran ini memiliki cirinya masing-masing. Misalnya music smart ditunjukkan lewat si Kecil yang suka bernyanyi atau bermain musik. Lalu number smart bisa dilihat dari ketertarikan si Kecil pada hal yang berkaitan dengan logika. Word smart ditandai oleh si Kecil yang senang membaca atau mendengarkan cerita, dan picture smart bisa dikenali jika si Kecil suka berimajinasi.

Kategori kepintaran selanjutnya adalah kepintaran fisik, di mana mencakup body smart dan nature smart. Jenis kepintaran yang pertama memiliki tanda kegemaran si Kecil dalam mengerjakan sesuatu dengan tangan, misalnya dengan berolahraga, menari atau menyentuh benda. Berbeda dengan jenis nature smart yang ditandai dengan kebiasaan si Kecil yang suka berada di alam bebas, mencintai hewan, bahkan bisa membedakan tanaman.

Kategori terakhir yaitu kepintaran sosial yang mencakup self smart dan people smart. Khusus self smart bisa dikenali dengan kegemarannya memilih bermain sendiri atau bahkan sudah mengetahui apa cita-citanya saat besar nanti. Selain itu, self smart juga mendukung si Kecil mengekspresikan perasaannya sendiri. Berbeda dengan people smart memiliki beberapa ciri kesukaan si Kecil bermain dengan teman-temannya, memiliki empati untuk orang lain, dan mampu memahami perasaan orang lain.

Cari Tahu Kepintaran Si Kecil, Yuk!

Delapan kepintaran di atas bisa dioptimalkan jika Mam mampu memberikan stimulus yang tepat untuk menyinergikan kepintaran akal, fisik, dan sosial yang dimilikinya. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah Mam harus mencari tahu kepintaran si Kecil terlebih dulu. Mulailah memberikan stimulus yang tepat saat si Kecil berada dalam periode emas.

Dalam momen ini, otak si Kecil tumbuh pesat dan hanya terjadi satu kali dalam kehidupannya. Nutrisi dan stimulasi yang tepat sangat penting untuk mendukung periode emas tersebut. Setelah itu, cari tahu aktivitas apa saja yang bisa mendukung stimulasi kepintaran anak dan bangun juga kebiasaan positif sesuai dengan tahapan usianya.

Stimulasi Secara Terus Menerus

Jika Mam sudah menemukan kepintaran yang dimiliki si Kecil, lakukan stimulasi secara terus menerus demi mengoptimalkan delapan kepintaran yang dimilikinya. Berikan juga dukungan nutrisi yang dibutuhkan si Kecil agar perkembangan kepintaran semakin optimal. Kedua langkah ini dapat membantu si Kecil melalui masa tumbuh kembang yang maksimal, sehingga pintarnya beda!

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara mengenali kepintaran si Kecil dan mendukung sinergi kepintaran akal, fisik, dan sosialnya? Cari tahu lewat fitur Smart Strength Finder.

Yuk, dukung sinergi kepintaran akal, fisik, dan sosialnya untuk membuat si Kecil pintarnya beda, Mam! 

(adv/wri)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading