KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. BALITA

Menggendong Bayi Ternyata Bermanfaat Baik Untuk Ayah

Kamis, 12 Oktober 2017 13:30 Penulis: Anisha Saktian Putri
Menggendong punya manfaat baik/copyright: KapanLagi.com

Vemale.com - Moms menggendong bayi terbukti memberikan banyak manfaat untuk buah hati, mulai dari membuat anak belajar keseimbangan, menstimulasi sistem keseimbangan, dan melatih anak bicara dengan berkomunikasi saat dia dalam gendongan. Tak hanya itu, manfaat besar menggendong ternyata juga dapat dirasakan sang ayah.

Dalam acara Pekan Menggendong Sedunia 2017, salah satu topik yang di dibahas ialah tentang Gendong Berdua yang dihadiri oleh narasumber berkompeten dalam bidangnya seperti Rahmat Hidayat selaku Founder ID_AyahAsi, Farida Arum BWC perwakilan dari in Trainee School of Babywearing Australia, dan Enno Lerian seorang penyanyi dan aktris.

Dalam topik kali ini, Rahmat Hidayat menjelaskan menggendong ialah hal mudah yang dapat dilakukan oleh ayah dalam mengasuh si kecil. Dan memiliki manfaat begitu besar, seperti menjalin bonding atau kedekatan bersama si kecil, membuat sang ayah mengerti keinginan ibu, serta mendapat senyuman dari banyak pihak.

Copyright: vemale.com


"Akan terjalin hubungan yang dekat kepada anak dan akan terasa bila anak sudah besar nanti. Ayah lebih tahu apa yang diinginkan anak. Dan ayah memberikan waktu me time atau istirahat pada ibu, sebab ibu juga ingin bertemu teman-teman sebayanya untuk penghilang rasa capek dan stress. Dan ayah juga bisa dipuji ketika menggendong si kecil, sebab trennya saat ini cowok menggendong anak itu keren," ujar Rahmat saat ditemui dalam acara Pekan Menggendong Sedunia 2017 yang diadakan di Club Kembang Jakarta, pada 8 Oktober 2017.

Hal serupa pun diungkapkan, Farida Arum, anak mendapat stimulus yang berbeda ketika anak digendong oleh sang ayah. Perilaku anak yang sering digendong oleh ayahnya dan yang tidak biasanya bisa terlihat. Anak yang jarang atau tidak pernah digendong oleh ayahnya cenderung memiliki perilaku dingin dan kurang bisa mengekspresikan perasaan serta terkesan lebih tertutup.

Sedangkan anak yang sering digendong oleh ayahnya biasanya memiliki sifat ceria, mudah bergaul dengan teman, memiliki inisiatif yang tinggi serta mudah menyampaikan ekspresi. Selain itu juga anak yang jarang atau tidak pernah digendong oleh ayahnya memiliki sikap tidak begitu penurut dan agak susah diatur karena ada aspek emosi yang tidak terpenuhi. Sedangkan anak yang sering digendong oleh ayahnya cenderung mudah untuk diatur dan lebih menuruti kata orangtua.

Manfaat menggendong ini pun nyatanya dirasakan oleh Enno Lerian, menurutnya, ayah yang menggendong anaknya itu sangat membantunya mengurus ke-empat anaknya.

"Pasti gendong itu memberi kedekatan pada anak. Selain itu, anak akan merasa nyaman dan hubungan suami istri semakin erat karena ibu merasa sangat dibantu oleh sang ayah. Jadi merasa lebih bersyukur punya suami mau bantu gendong anak. Jadikan makin sayang sama suami ya," ujar Enno yang sedang hamil tujuh bulan ini.



(vem/asp/ivy)
KOMENTAR PEMBACA