KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. BALITA

Plus Minus Babywearing, Favoritmu yang Mana?

Senin, 09 Oktober 2017 14:00 Penulis: Ayu Puji Lestari
Babywearing/copyright eumom.ie

Vemale.com - Memilih babywearing alih-alih stroller memang sedang tren. Tapi tahukah kamu, jika setaiap pilihan babywearing memiliki kelebihan dan kekurangan? Nah, saat ini banyak jenis babywearing yang dapat mom pilih. Sesuaikan dengan kebutuhan dan tentu saja utamakan rasa nyaman bagi mom dan yang terpenting bagi si buah hati.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari babywearing. Yuk, simak penjelasan di bawah ini sebelum memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Gendongan Selendang

Well, jenis ini ada sudah sejak lama. Biasanya berupa kain jarit yang memiliki motif yang khas. Jenis gendongan ini selain nyaman dan sangat cocok untuk menggendong bayi yang baru lahir hingga yang berumur dua tahun.

Sarwendah memilih gendongan selendang, kalau kamu?/copyright instagram/sarwendah

Kelebihan:

Bentuknya yang tipis membuat mom mudah membawanya kemana-mana. Mudah memakainya, yaitu tinggal menyimpulkan di pundak saja. Perawatannya pun mudah. Model ini cocok untuk mom yang masih menyusui, karena memudahkan proses memberi ASI kepada si kecil.

Kekurangan:

Hanya bertumpu pada satu pundak saja sehingga membuat mom mudah lelah. Jika mom ingin tetap memakai gendongan jenis ini sebaiknya sering mengganti posisi gendongan, agar tidak mudah capek.

Baby Sling

Bentuknya yang mirip seperti ransel ini membuat nyaman dan praktis. Model ini banyak diminati, bayi bisa menghadap ke depan maupun ke arah mom. Nyaman dan tentu saja praktis.

Bentuknya mirip ransel, nyaman dan praktis/copyright parents.com

Kelebihan:

Jenis gendongan ini terdapat dua tali sehingga membantu mom tidak mudah lelah. Mom juga lebih bebas bergerak, karena si kecil dapat mendekap erat pada tubuh mom. Praktisnya, mom dapat menggunakan gendongan ini di punggung jika si kecil mulai berat. Nyaman bukan?

Kekurangan:

Jenis gendongan ini kurang cocok bagi bayi yang baru lahir. Karena jenis ini tidak dapat membantu bayi untuk menjaga leher bayi agar tetap nyaman. Mom, dapat mencoba gendongan ini saat bayi mulai berumur 6 bulan.

Baby Wrap

Bentuknya hampir sama dengan gendongan kain, tapi baby wrap ini berbahan dasar kain yang lebih elastis.

Baby wrap membuat si kecil nyaman/copyright practise Nursery

Kelebihan:

Jenis gendongan ini sangat fleksibel karena dapat membantu mom dalam menggendong si kecil dengan berbagai posisi. Model samping, model depan, maupun belakang. Bahannya yang elastis akan membuat si kecil merasa nyaman.

Kekurangan:

Meskipun nyaman bagi si kecil. Jenis gendongan ini cukup rumit. Perlu kesabaran untuk belajar. Untuk jenis gendongan ini kurang cocok digunakan untuk bayi di atas satu tahun.

Mom, demikian kekurangan dan kelebihan pilihan babywearing. Sudah siap akan memilih yang mana? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA