1. VEMALE
  2. /
  3. BALITA

Manfaat Babywearing, Mendekap Anak Lebih Dekat

Kamis, 05 Oktober 2017 14:00 Penulis: Ayu Puji Lestari
Babywearing/copyright foxysales.com

Vemale.com - Salah satu tren yang mulai dihindari ibu muda saat ini adalah pemakaian stroller untuk bayi atau balitanya. Meskipun terlihat praktis dan mom dapat lebih leluasa bergerak dan terhindar lelah, nyatanya stroller mulai ditinggalkan. Para ibu muda ini lebih memilih menggendong bayi alih-aling meletakkan di stroller kemudian mendorongnya.

Menggendong bayi ini biasa disebut dengan babywearing. Bahkan di Indonesia sendiri, babywearing ini memiliki komunitas sendiri yang tersebar di berbagai kota. Well, apa sebenarnya alasan babywearing menjadi pilihan bagi ibu muda ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Bayi Jadi Tidak Mudah Menangis

Penelitian yang diterbitkan oleh Journal Pediatrics, menyebutkan jika bayi yang digendong selama 3 jam lebih jarang menangis 43% dibanding yang tidak digendong sama sekali. Babywearing terbukti membuat bati lebih nyaman.

Dengan Babywearing Bayi Lebih sehat

Salah satu manfaat penting dari babywearing adalah bayi akan lebih sehat, Tidak hanya untuk bayi yang lahir dengan normal. Bahkan satu penelitian menyebutkan jika babywearing dapat membantu bayi prematur dapat tumbuh dengan baik.

Babywearing akan membantu bayi lebih selaras dalam mengatur detak jantungnya. Rasa nyaman yang diterima saat babywearing akan membuat bayi tumbuh dengan sehat.

Babywearing akan Membuat Mom Merasa Lebih Percaya Diri

Mom makin percaya diri/copyright wherewewear.com

Salah satu kelebihan dari babywearing adalah membuat mom lebih percaya diri. Babywearing membuat mom lebih peka dengan gerakan bayi. Hal ini membuat mom lebih peka dengan keinginan bayi. Tentu saja hal ini membantu mom lebih merasa percaya diri.

Selain itu, babywearing juga dapat membantu meningkatkan kedekatan emosional mom dan bayi. Babywearing juga dapat dimanfaatkan sebagai terapi bagi ibu yang mengalami postpartum depression, agar dapat menyatu dengan bayinya.

Membuat Bayi Lebih Mengenal Orangtuanya

Manfaat penting dari babywearing adalah membantu anak lebih mengenal orangtuanya. Dengan babywearing, bayi akan merasa dekat dengan suara orang-orang yang menggendongnya. Tidak hanya itu bayi juga akan mengenali ekspresi wajah, gerakan dan detak jantungnya. Hal ini akan memupuk kedekatan antara bayi dan orangtua.

Babywearing Membuat Mom Lebih Nyaman

Alih-alih memakai stroller, babaywearing justru membuat mom merasa lebih nyaman. Selain itu mom juga lebih leluasa bergerak tanpa meninggalkan si kecil. Babywearing membantu mom tetap bekerja dan si kecil dalam pengawasan mom.

Nah, bagaimana mom? Tertarik untuk mencoba babywearing? Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
#MovieTalk Sakral - Perdana Main Film, Olla Ramlan Ketagihan