Sukses

Parenting

Saat Bujukan Nggak Berhasil, Lakukan Ini Agar Anak Mau Cepat Tidur

Sudah waktunya istirahat tapi anak susah banget untuk diminta tidur? Sudah mengerahkan berbagai bujukan tapi nggak mempan juga? Saatnya moms melakukan trik-trik lain untuk membuat anak mau cepat tidur.

Sangat penting untuk memastikan anak bisa dapat tidur yang cukup. Usahakan anak mendapat kualitas dan waktu tidur yang cukup agar kesehatan terjaga. Apalagi kalau sudah mulai sibuk sekolah, penting untuk membantu mengarahkannya mengatur jadwal istirahat yang tepat. Cuma memang agak tricky juga nih untuk membuat anak mau cepat tidur saat waktu istirahat tiba. Berikut ini sejumlah tips yang bisa moms coba untuk membuat anak cepat tidur ketika bujukan tidak lagi mempan.

Jangan Melakukan Kontak Mata
Anak bisa melontarkan berbagai macam alasan untuk tidak mau tidur. Bahkan bisa mulai berbohong atau mengarang cerita agar tidak disuruh tidur. Di sini, kita sebaiknya tak memberikan perhatian. Sebisa mungkin jangan melakukan kontak mata dengannya. Begitu kita selesai menidurkannya, segera beralih dan hindari kontak mata dengannya. Mungkin kesannya agak jahat, ya. Tapi cara ini bisa cukup ampuh untuk membuat anak mau tidur.

Buat "Ritual"
Untuk hal yang satu ini memang perlu dibiasakan. Coba buat semacam ritual atau rutinitas harian yang diikuti setiap malam. Misalnya, untuk tidur perlu gosok gigi terlebih dahulu. Jadi ketika anak sudah diarahkan untuk gosok gigi, dia akan paham bahwa urutan selanjutnya adalah bersiap untuk tidur. Sehingga bisa lebih mudah untuk diarahkan nantinya. Intinya buat semacam serangkaian rutinitas yang perlu dilakukan sebelum tidur, seperti gosok gigi atau mematikan televisi dan berhenti bermain.

Lakukan Sesuatu yang Membosankan
Di sini moms bisa coba melakukan sesuatu atau kegiatan yang nantinya bakal bikin si kecil merasa bosan atau tidak tertarik untuk melakukannya. Contohnya, melipat baju atau mencuci piring. Di depannya, coba lakukan kegiatan yang sekiranya tidak membuatnya tertarik. Sehingga pilihan yang tersisa untuknya mau tidak mau adalah tidur.

Kadang perlu banyak trik untuk membuat anak mau cepat tidur./Copyright shutterstock.com

Bacakan Cerita
Anak bisa cepat tidur saat didongengi atau dibacakan cerita. Ketika perasaannya sudah mulai rileks dan nyaman saat mendengar cerita, ia akan merasa mengantuk dan tidur dengan sendirinya.

Beri Imbalan
Yang ini mungkin bisa disebut sebagai bentuk penyuapan. Jadi moms bisa coba janjikan sesuatu padanya bila si kecil mau cepat tidur malam ini. Seperti menjanjikan bahwa besok pagi akan memberikan sarapan lezat bila mau tidur cepat malam ini. Cara ini mungkin nggak perlu sering-sering dilakukan tapi bisa cukup ampuh dilakukan bila berbagai cara atau alternatif lain tidak berhasil.

Kondisikan Rumah dalam Keadaan Tenang
Matikan lampu, televisi, dan gadget. Buat rumah setenang mungkin. Tak ada suara berisik atau lampu-lampu yang terlalu terang. Dengan begini, anak akan lebih mudah untuk diajak tidur.

Ajak Keliling Kompleks
Cara ini kadang bisa cukup berhasil untuk menidurkan anak. Bila memungkinkan, ajak anak keliling kompleks sebentar dengan mobil. Nggak perlu terlalu ngebut dan pilih jalan yang tenang. Biasanya sih cara ini akan membantu anak bisa cepat terlelap dalam waktu singkat.

Berakting Tidur
Ingin anak cepat tidur, moms bisa coba ikutan tidur. Setidaknya bisa pura-pura atau akting tidur. Si kecil pasti akan ikutan tidur kalau melihat orang-orang di sekitarnya sudah terlelap.

Nah, itu tadi sejumlah tips yang bisa moms pilih untuk menidurkan si kecil. Atau mungkin moms punya cara sendiri yang lebih ampuh untuk membuat anak cepat tidur?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading